Ilustrasi Sirkuit Mandalika | Foto: indonesia.travel

Ini Dia 5 Keunggulan Sirkuit Mandalika

Izi Roam | 13 Jan 2022

Siap dengan penyelenggaraan MotoGP pada Maret mendatang, berikut adalah sejumlah keunggulan Sirkuit Mandalika

Tak lama lagi, Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah bagi terselenggaranya MotoGP 2022. Rencananya, gelaran ini akan dilaksanakan pada Maret 2022 mendatang.

Tak hanya itu, tiket nonton MotoGP juga sudah mulai dijual sejak tanggal 6 Januari secara daring, diikuti 11 Januari secara luring.

Helatan internasional ini rupanya disambut sangat baik oleh pecinta balap motor Indonesia. Terbukti, hanya berselang seminggu, tiket MotoGP sudah terjual hingga 4.500 tiket.

Jika dibandingkan dengan sirkuit lainnya, kira-kira, apa sih keunggulan Sirkuit Mandalika ini? Intip, yuk!

Baca juga: Siap-siap, MotoGP Akan Digelar Di Mandalika, Ini Harga Tiketnya!

1. Dikelilingi pemandangan alam yang indah

Lombok memang terkenal dengan istilah sport tourismnya. Tapi di samping itu, tahukah kamu bahwa sirkuit Mandalika dikelilingi oleh pemandangan alam yang begitu indah?

Sebagai sirkuit yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Sirkuit Mandalika memiliki nilai jual yang tinggi karena pemandangan yang terbaik yang ada di sekelilingnya seperti bukit dan laut yang ada di pesisir Selatan Lombok. Panorama ini jugalah yang nantinya akan membuat sirkuit Mandalika jadi satu satunya sirkuit jalan raya yang menjadi bagian kalender MotoGP.

Baca juga: Cantiknya Mandalika, Berolahraga Sambil Berwisata

2. Kapasitas penonton yang mencapai 138.000 orang

Di tribun utama, tersedia lebih dari 50.000 tempat duduk. Sedangkan di area tanpa temap duduk di desain untuk dapat menampung kurang lebih 138.000 orang penonton. Hospitality suites mampu menampung sebanyak 7.700 penonton. Dan area paddock sirkuit sendiri sanggup menaungi 40 garasi.

Jumlah ini tentu lebih banyak jika dibandingkan dengan kapasitas penonton yang dapat ditampung oleh Sirkuit Sepang yakni hanya 130.000 penonton. 

3. Pembangunan tercepat di dunia

Pengerjaan main track Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang menjadi lintasan Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,31 KM ini merupakan pengerjaan yang tercepat di dunia karena mampu diselesaikan hanya dalam kurun waktu 1 tahun 1 bulan.

4. Teknologi aspal terbaru

Direktur Konstruksi dan Pengembangan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Dwianto Eko Winaryo, menyebutkan bahwa aspal yang digunakan di lintasan Sirkuit Mandalika ini merupakan yang terbaik di dunia bahkan mengalahkan sirkuit Sepang, Malaysia. Pasalnya, aspal tersebut menggunakan aspal terbaru Stone Mastic Asphalt (SMA).

Penggunaan aspal ini membuat pebalap tidak mudah tergelincir saat kondisi hujan sehingga mengurangi risiko pengendara jatuh saat trek basah.

5. Fasilitas lengkap

Tergolong lengkap, Sirkuit Mandalika dimodali berbagai fasilitas seperti terowongan, pusat kontrol balapan (race control) pusat kesehatan hingga area pendaratan helikopter (helipad).

Wahhh, keren ya Sirkuit milik Indonesia ini. Gimana? Siap seru-seruan di Mandalika? Pesan tiketnya sekarang!