Ilustrasi perempuan sedang Solo travelling | Sumber foto: rawpixel via Freepik

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Izi Roam | 25 May 2022

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah tips agar solo travellingmu jauh lebih aman lagi...

Seiring dengan kian melandainya kasus Covid-19, perlahan dunia wisata kembali bergeliat. Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, penjualan tiket maskapai meningkat 30% saat libur Lebaran.

Pelaku perjalanan wisata tak lagi terlalu khawatir saat melakukan perjalanan meski tetap dianjurkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. 

Satu per satu traveller pelan-pelan kembali mengunjungi berbagai destinasi impian yang tak bisa diselesaikan sebagai salah satu dampak dari pandemi covid-19.

Nah, kalau kamu perempuan yang ingin mencoba solo travelling, bisa banget, lho. Banyak destinasi wisata Indonesia yang aman untuk perempuan yang melakukan solo travelling, salah satunya adalah Bandung. 

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah tips agar solo travellingmu lebih aman. 

Memberikan informasi perjalanan pada keluarga atau orang terdekat

Sebelum melakukan perjalanan, informasikan jadwal perjalananmu pada keluarga atau orang-orang terdekat. Hal ini sebagai bentuk antisipasi dan mempermudah keluargamu mendapatkan informasi atau menanyakan kabar bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat kamu berada di lokasi tersebut, faktor alam misalnya. 

Mengenal dengan baik destinasi wisata tujuan

Kenali destinasi dengan baik termasuk jarak tempuh antara akomodasi dan destinasi, apakah lokasi bisa ditempuh dengan transportasi umum atau harus memesan transportasi khusus. 

Bila tidak tersedia transportasi umum, apakah kamu bisa memesan kendaraan daring? Atau justeru harus menyewa transportasi dari warga lokal?

Eksplore lokasi tujuan di siang hari

Maksimalkan perjalanan dari pagi hingga sore hari. Eksplore tempat-tempat tersebut saat matahari masih terang dan upayakan kembali ke penginapan saat hari mulai gelap. Hal ini untuk menghindari kemungkinan minimnya transportasi umum di malam hari hingga menjauhkan diri dari oknum-oknum tak bertanggungjawab yang ada di sekitar destinasi. 

Pilih lokasi yang ramai dikunjungi

Pilihlah lokasi yang ramai dikunjungi. Mungkin kamu akan sedikit tidak nyaman karena tidak mendapatkan kondisi tenang, namun, keadaan ini jauh lebih aman dibandingkan harus menikmati lokasi-lokasi wisata yang jarang dikunjungi bahkan terbilang sepi hingga membuat tinggi kemungkinan terjadinya kejahatan. 

Untuk menyiasati keramaian, lakukan kunjungan di pagi hari ketika wisatawan masih belum terlalu banyak yang datang. 

Update keberadaan diri pada keluarga atau orang terdekat

Jangan lupa untuk selalu membawa travel wifi IziRoam dalam tiap perjalananmu. 

Kamu akan butuh modem wifi ini untuk tetap mendapatkan akses jaringan internet dengan mudah sehingga kamu bisa melakukan banyak hal saat di tempat tujuan. Mulai dari mencari informasi seputar destinasi hingga memberi update kabar dan lokasi pada keluarga atau orang terdekat. 

Siapkan cadangan dokumen pribadi

Dalam sebuah perjalanan, apes atau sial kadang ngga bisa dihindarkan. Mulai dari lokasi wisata yang sulit ditemukan hingga terjadinya kecelakaan atau kehilangan. 

Memang, semua orang berharap hal-hal tersebut tidak terjadi, namun tak ada salahnya untuk melakukan persiapan jika hal-hal tersebut mendadak kejadian. 

Ada baiknya tetap membawa dokumen pribadi dalam bentuk asli maupun fotocopy di tempat terpisah. 

Hindari juga membuat satu dokumen, sejumlah uang termasuk kartu ATM di tempat atau dompet yang sama karena begitu dompet tersebut hilang, seluruh datamu juga akan terbawa di dalamnya. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa manfaatkan kompartemen di dalam tas kecilmu atau mungkin kantong celana dan baju. 

Tidak memaksakan kemampuan diri 

Jangan memaksakan kemampuan demi mengeksplore tempat yang sudah kamu list sebelumnya. Hal ini berkaitan pula dengan kesehatan pribadimu. Terlalu letih melakukan perjalanan saat sendiri juga bisa membahayakan diri sendiri. 

Bila beruntung, mungkin kamu akan mendapatkan bantuan. Bila sebaliknya? Perjalananmu yang seharusnya terasa manis dan berkesan, justeru menegangkan dan berbahaya. 

Hindari penggunaan perhiasan atau aksesoris berharga

Jadilah solo traveller yang sederhana. Bawa barang dan pakaian seperlunya dan tidak tampil mencolok apalagi harus pakai rentetan perhiasan atau aksesoris berharga yang bisa mengundang oknum-oknum jahat merasa memiliki kesempatan untuk melakukan aksi kejahatannya.