Ilustrasi liburan | Sumber foto: Jcomp via Freepik

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Izi Roam | 22 May 2022

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar hemat biaya saat liburan...

Kabar baik kembali datang dari Pemerintah. Presiden Jokowi baru-baru ini umumkan bahwa warga diizinkan lepas masker di ruang terbuka. Sebelumnya, Pemerintah juga telah beri izin mudik Lebaran saat perayaan hari Raya Idul Fitri yang telah berlangsung.

Dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, banyaknya tren indikator pengendalian pandemi yang terus menunjukkan ke hal positif, membuat Indonesia sudah mulai bersiap-siap melangkah menuju ke arah endemi. 

Kabar ini tentu disambut baik oleh seluruh pihak terutama para pelaku perjalanan dalam maupun luar negeri. Geliat wisata sudah mulai terasa kembali. Berbagai destinasi wisata kini dipenuhi wisatawan, termasuk saat libur Lebaran yang lalu. 

Tips hemat Biaya saat liburan

Bicara seputar liburan memang tak bisa dipisahkan dengan keuangan. Ada serangkaian hitung-hitungan alot agar biaya tak berlebihan tapi juga tidak sampai kekurangan. 

Biaya yang dihitung untuk liburan mencakup tiket perjalanan, akomodasi selama liburan, tiket masuk destinasi, kuliner, hingga oleh-oleh. Belum lagi biaya tak terduga yang mungkin tiba-tiba dibutuhkan seperti tip. 

Biaya-biaya tersebut, meski kamu membawa dana dalam jumlah yang cukup saat liburan, bisa menjadi kurang bila salah dalam mengalokasikan pengeluaran. 

Agar hal-hal tersebut tak terjadi, berikut adalah tips-tips agar hemat saat liburan. 

Membeli cenderamata seperlunya

Sebetulnya, tak ada kewajiban bagi seorang pelaku perjalanan wisata untuk membawa oleh-oleh atau cenderamata. Hanya saja, bagi orang-orang tertentu seperti keluarga, sahabat, bahkan bagi diri sendiri buah tangan ini menjadi penting. Entah untuk menyenangkan hati, atau sebagai bukti pernah menginjakkan kaki di destinasi tersebut. 

Hanya saja, bila kamu punya puluhan sahabat dan semua menagih hal yang sama, wah boncos juga keuangan. 

Kamu bisa mengambil jalan tengah dengan memberikannya hanya pada orang-orang yang dirasa memang cukup dekat seperti keluarga atau sahabat sehari-hari. Sedangkan pada teman yang lainnya, kamu bisa memberikan penjelasan dengan cara yang baik agar hubungan pertemanan tetap terjaga. 

Solusi lainnya, kamu bisa membeli oleh-oleh dengan harga super terjangkau untuk dibagikan ke teman-temanmu, gantungan kunci misalnya. Benda ini umumnya dibanderol harga murah, dan cukup merepresentasikan tempat yang baru kamu kunjungi. 

Bagi diri sendiri, kamu bisa beli satu benda yang menurutmu bisa mengingatkanmu dengan tempat tersebut, kain batik khas tempat tersebut misalnya. Akan ada banyak cenderamata lucu dan menggemaskan, tahan diri agar tak membeli berlebihan, ya!

Yang paling penting adalah, jangan lupa untuk selalu membuat budget oleh-oleh di awal perjalanan sehingga kamu tahu nominal yang kamu keluarkan untuk itu. Ngga lebih, kalau kurang ngga masalah. 

Share cost dengan teman

Share cost atau berbagi biaya dengan teman liburan juga dianggap ampuh untuk menekan biaya. Pastikan kamu memilih teman yang asyik dan kalian punya selera wisata yang sama ya, biar liburan terasa lebih maksimal. 

Gunakan travel wifi IziRoam

Liburan tak bisa pula dipisahkan dengan jaringan internet. Sudah jadi rahasia umum bahwa setiap lini kegiatan kini dikaitkan dengan internet. Ini juga akan kamu butuhkan selama perjalanan liburan baik untuk mencari informasi terkait destinasi, atau berbagi cerita perjalanan di media sosialmu. 

Kamu bisa sewa travel wifi IziRoam. Follow instagram IziRoam untuk mendapatkan informasi-informasi potongan harga.

Pocket wifi IziRoam memudahkanmu dalam menikmati jaringan internet seperti bisa tersambung ke banyak devices, tak perlu lagi gonta ganti kartu saat keluar negeri, jaringan kuat, dan yang paling penting harga lebih hemat karena kamu bisa menggunakan 1 travel wifi untukmu dan teman-temanmu. 

Pssttt, sekarang lagi promo lho khusus pemesanan di Tokopedia. 

Pilih destinasi dengan budget kecil 

Cara lain agar hemat saat liburan adalah dengan mengunjungi destinasi dengan budget kecil atau mungkin gratis. 

Beberapa destinasi mungkin harus bayar tiket agar bisa masuk. Atau butuh transportasi tambahan untuk bisa tiba di tempat tujuan. 

Kamu bisa cari destinasi yang bisa dijangkau dengan berjalanan kaki atau dengan kendaraan umum agar terhindar dari biaya transportasi tambahan. 

Gunakan kendaraan umum

Cara ini juga akan membantumu lebih hemat saat liburan. Memilih menggunakan kendaraan umum tentu beda harganya dengan kendaraan daring. Berbagai destinasi wisata di Indonesia kini bisa ditempuh dengan transportasi umum yang ngga kalah nyaman dengan kendaraan daring, lho.