Gugusan rusa di Savana Bekol | Sumber foto: Andik Hermansyah via JALIN Komunitas

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Izi Roam | 24 May 2022

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan warga Situbondo...

Berkunjung ke TN Baluran 

Sekitar 1 jam dari Banyuwangi dan kurang lebih 2 jam dari pusat kota Situbondo, berikut cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke destinasi wisata kebanggaan warga Situbondo ini. 

Terletak di kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia patut berbangga karena memiliki satu destinasi wisata yang begitu mempesona, Taman Nasional (TN) Baluran. 

TN Baluran disebut-sebut pula sebagai Africa van Java karena sejumlah kemiripan yang ditawarkan. Kamu bisa menikmati savana yang begitu luas dengan sejumlah hewan liar yang ada di dalamnya. Belum lagi, bila musim kemarau tiba, tempat ini benar-benar akan menggambarkan Afrika dengan rerumputan kering dan gersangnya. 

Di sini, kamu juga akan berkesempatan melihat langsung tulang tengkorak banteng dan kerbau betina serta jantan yang disusun rapi berlatar langsung gunung Baluran. 

Punya rencana ke TN Baluran? Berikut adalah sejumlah aktivitas seru yang tim kami lakukan satu hari berada di TN Baluran yang mungkin bisa jadi referensi kamu:

Berburu sunrise

Bersisian dengan ujung Timur pulau Jawa, Banyuwangi si Sunrise of Java, rupanya TN Baluran masih kecipratan cantiknya sunrise.

Yap! Ngga afdol bila ke TN Baluran tanpa menikmati sunrisenya. Jadi, usahain datang sepagi mungkin, ya. 

Melihat semburat matahari pagi yang menyebar di seluruh Savana akan menjadi momen paling memukau saat menikmati sunrise di tempat ini. Kameranya jangan sampai ketinggalan!

Merasakan sensasi bertemu langsung dengan satwa liar yang dilindungi

Sejak berada di pintu masuk TN Baluran, kamu akan melihat spesies Macaca Fascicularis atau Monyet Macaca yang dilindungi. Monyet ini juga akan kamu temukan dengan mudah disepanjang perjalanan ke TN Baluran serta di titik kumpul, pantai Bama, TN Baluran. 

Jangan abai ya, meski mereka terlihat lucu, beberapa tindakannya cukup menganggu dan suka ambil barang pengunjung sembarangan. Pastikan kamu menjaga barang pribadimu dengan baik. 

Di sepanjang jalan menyusuri TN Baluran jauh lebih dalam, kamu akan dibawa hanyut dengan kesejukan di sisi kiri kanan jalan. Namun pastikan untuk tetap berkendara dengan hati-hati karena cukup banyak hewan yang lalu lalang di jalanan tersebut. 

Oh ya, bila beruntung, kamu juga akan bertemu dengan Pavo Muticus atau Merak Hijau yang cantiknya sangat memukau di jalanan menuju savana. 

Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan melihat langsung gugusan rusa bermandi matahari pagi dengan anggunnya tepat di sisi jalan. 

Penting untuk diketahui, momen ini hanya bisa kamu nikmati lebih lama dengan kendaraan yang melaju perlahan. Tidak diizinkan drone di sekitar savana karena dikhawatirkan akan mengganggu hewan-hewan. Pengunjung juga tidak diizinkan membidik foto hewan dari jarak dekat untuk tujuan yang sama. 

Nah, bagi kamu yang suka berburu foto hewan, kamu bisa mengakalinya dengan menyiapkan "alat tempur" dan pengaturan kamera yang tepat sepanjang jalan menuju savana. Ambil posisi terbaik di dalam kendaraan yang bikin kamu nyaman bergerak ke kiri dan ke kanan untuk berburu hewan yang kebetulan lewat. 

Catatan lainnya, jangan sampai berpikiran untuk memburu atau melakukan tindakan ilegal terhadap hewan-hewan di kawasan TN ini, sebab seluruh hewan sifatnya dilindungi. Cukup datang, nikmati lalu kagumi. 

Bila memiliki waktu lebih lagi, kamu juga bisa meminta izin kepada petugas setempat untuk melihat langsung banteng kebanggaan Indonesia yang dibudidayakan di sana. Menurut petugas, banteng Baluran adalah banteng paling gagah di Indonesia. 

Menikmati cantiknya Savana Bekol

Kebanggaan lain yang wajib mendunia dari TN Baluran adalah Savana Bekol. 

Savana ini memiliki luas 10.000 Ha atau setara dengan sepertiga dari seluruh area TN Baluran dan menjadi savana terluas yang dimiliki pulau Jawa. 

Di sinilah tempat gugusan rusa bermandi matahari pagi, atau merak hijau yang malu-malu lari sana sini menyelamatkan diri setelah berpapasan dengan pengunjung. Tempat ini juga merupakan habitat berbagai hewan lainnya. 

Cantiknya Savana Bekol membuat destinasi ini kerap dijadikan sebagai tempat pemotretan, komersil video hingga lokasi syuting beberapa film, salah satunya adalah "Supernova; Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh."

Jangan lupa, beda tujuan, beda harga tiket ya. 

Melihat keindahan karang tanpa menyelam

Kamu ngga bisa menyelam atau berenang? Tenang, Pengelola TN Baluran menyediakan pilihan lain bagi pengunjung untuk menikmati karang tanpa harus menyelam. Aktivitas ini bisa kamu dapatkan di pantai Bama. 

Cukup sewa perahu mesin yang bisa memuat 10-12 orang penumpang. Di bagian tengah, dasar perahu yang umumnya menggunakan papan, diganti menjadi kaca bening untuk mempermudah kamu menikmati karang di atas perahu. Hal ini bisa terjadi karena jarak karang dan permukaan air tergolong dekat, sehingga tampilan karang terlihat lebih jelas. Tenang, kacanya tergolong tebal sebagai dasar kapal, jadi aman saat digunakan. 

Melepas tukik di petang hari

Masih di pantai Bama, usai menikmati jalanan panjang menyusuri TN Baluran, menikmati karang tanpa menyelam, di sore hari, kamu juga berkesempatan melakukan pelepasan tukik atau anak penyu. 

Kegiatan ini baiknya dikoordinasikan lebih dahulu sebelum kunjungan agar petugas bisa menyiapkan anak penyu yang akan dilepas.

Harga tiket

Berikut adalah harga tiket teraktual TN Baluran:

Hari kerja

  • Nusantara: Rp16.000
  • Mancanegara: Rp165.000
  • Roda 2: Rp5.000
  • Roda 4: Rp10.000
  • Roda 6: Rp50.000

Hari libur

  • Nusantara: Rp18.500
  • Mancanegara: Rp240.000
  • Roda 2: Rp5.000
  • Roda 4: Rp10.000
  • Roda 6: Rp50.000

Pemotretan pre wedding: Rp250.000

Shooting film: Rp10.000.000

Video Komersil: Rp1.000.000