Pulau Padar | Sumber foto: pnnchen via Freepik

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Izi Roam | 17 May 2022

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betapa cantiknya wisata bahari yang ditawarkan Labuan Bajo. Destinasi apa lagi sih yang ditawarkan oleh Kota Seribu Sunset ini?...

Baru-baru ini, Labuan Bajo dipilih menjadi salah satu lokasi penyelenggaraan dari rangkaian KTT G20 Indonesia. Pesona alamnya yang ciamik menjadi salah satu alasan untuk memperkenalkan "Rumah Komodo" ini ke mata dunia. 

Bicara tentang Labuan Bajo memang selalu menyenangkan, bukan hanya karena alamnya, tapi karena keseluruhan bagian dari Labuan Bajo selalu menarik untuk dikupas, dikunjungi lalu diceritakan pada seisi Indonesia dan dunia. 

Bagi kamu yang berencana untuk datang ke tempat ini, ada begitu banyak pilihan atraksi liburan yang bisa kamu nikmati, mulai dari merasakan sensasi menginap di kapal Phinisi hingga menyaksikan langsung serunya festival komodo. 

Kenalan dengan Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan satu dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Dalam salah satu kontennya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyebutkan "Let the sea, set you free" sebagai deskripsi betapa cantiknya wisata bahari yang ditawarkan Labuan Bajo. Ngga heran bila tempat ini dijuluki pula sebagai Kota Seribu Sunset. Surganya menikmati langit sore bagi wisatawan saat matahari perlahan terbenam. 

Opsi wisata di Labuan Bajo

Untuk memperkenalkan Labuan Bajo lebih jauh ke mata dunia, Pemerintah memasukkannya menjadi 1 dari 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) Indonesia. 

Berikut adalah sederet opsi wisata dan atraksi di Labuan Bajo yang bisa kamu nikmati:

Menikmati sensasi menginap di kapal Phinisi

Sebelum membahas jauh seputar keseruannya, ada baiknya kita samakan pandangan terlebih dahulu. 

Banyak orang salah memaknai bahwa Phinisi merupakan nama kapal. Padahal, kapal Phinis merupakan kapal yang menggunakan sistem layar, tiang dan tali. 

Bermodal 2,7 - 3jtan per orang, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan di kapal ini. Melompat dari kapal dan langsung berenang di lautan Labuan Bajo merupakan sebuah keharusan. Selanjutnya, kamu akan dibawa snorkeling untuk menikmati area bawah laut Labuan Bajo yang memukau. Tak ketinggalan, kamu juga bisa menikmati bermalam di kapal tersebut sembari merasakan sensasi melihat langsung cantiknya langit Labuan Bajo di malam hari tanpa hambatan apapun. 

Oh ya, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti menu atau makanan khusus sesuai dengan request atau paket yang kamu pesan di awal. 

Melihat Komodo dari jarak terdekat

Komodo merupakan spesies reptil purba sekaligus spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di Pulau Rinca, Pulau Komodo. Hewan ini telah berevolusi dengan genus Varanus (Biawak) serta merupakan kerabat terdekat dari dinosaurus. 

Hanya berkisar kurang lebih 2 jam dari Labuan Bajo, kita bisa menuju "Rumah Komodo". Di sini, kita tak hanya bisa melihat langsung hewan pemangsa ini, tapi bisa menikmati kemegahannya dari jarak terdekat. 

Dari jarak terdekat bukan berarti bisa asal ya, kamu tetap harus dalam pantauan petugas, sebab bila dalam kondisi lapar, Komodo bisa memangsa apapun yang ada di dekatnya. Belum lagi gigitannya yang beracun bikin hewan ini jadi jauh lebih berbahaya. Untuk itu, selalu pastikan mematuhi setiap instruksi yang disampaikan oleh petugas. 

Sebagai satu dari 7 keajaiban dunia, setiap bulan Maret, warga lokal akan melangsungkan festival Komodo dengan menyajikan sejumlah atraksi pentas seni budaya seperti tarian tradisional serta kontemporer dari tiap kecamatan di Manggarai Barat. 

Menuju puncak Pulau Padar

Satu lagi yang tak bisa dipisahkan dari Labuan Bajo adalah Pulau Padar. Untuk menuju puncak pulau Padar, pengunjung harus mendaki bukit terjal sekitar 45 menit. Sebelum ke sini, pastikan staminamu dalam kondisi baik ya. 

Jangan khawatir, perjalanan 45 menitmu akan terbayar lunas begitu tiba dia puncak Pulau Padar. 

Di sini, kamu bisa menikmati hamparan bukit, luasnya laut, tak ketinggalan pula si cantik Pink Beach yang juga menjadi salah satu destinasi primadona Labuan Bajo, tampak jelas dari sini. 

Untuk bagian yang satu ini, berkunjung di musim penghujan atau panas juga sama cantiknya. Tapi tetap, bagi pemburu sunset tempat ini juga jadi salah satu surga. 

Oh, jangan lupa, jaraknya yang tak begitu jauh dari Bali membuat wisata ke Labuan Bajo jadi lebih seru karena kamu akan punya destinasi lain yang bisa dikunjungi setelah puas eskplore wilayah tersebut. Siapin budget lebih yaaaa. Hihihi