Ilustrasi Bali | Sumber foto: tawatchai07 via Freepik

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Izi Roam | 06 May 2022

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah tiga destinasi dalam negeri dengan kunjungan wisatawan tertinggi yang mungkin jadi referensi destinasi untuk kamu kunjungi.

Hidup berdampingan dengan pandemi Covid-19 perlahan mulai tersingkirkan. Dunia pelan-pelan mulai menampakkan kepulihan meski tak bisa dibilang sepenuhnya aman. Namun, berbagai negara telah memberi sejumlah kelonggaran seputar aturan terkait virus Covid-19 termasuk Indonesia sendiri. 

Bagi kamu yang sudah memiliki keinginan untuk berwisata kembali, tentu, sudah bisa dilakukan dengan catatan tetap mengikuti himbauan protokol kesehatan yang berlaku di setiap tempat yang kamu kunjungi. 

Masih parno keluar negeri? Coba deh eksplore lebih banyak bumi pertiwi untuk menemukan keindahan yang berbeda. 

Yap! Kamu memang wajib banget mengitari berbagai sudut Indonesia yang belum pernah kamu jelajahi. Hal ini karena teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk.

Ngga heran sih dengan posisi tersebut, negeri kita kaya akan pulau, gunung, pantai, budaya dan kehangatan warganya yang luar biasa. 

Nah, untuk yang ngga sabaran ingin kembali jalan-jalan, berikut adalah tiga destinasi dalam negeri dengan kunjungan wisatawan tertinggi yang mungkin jadi referensi destinasi untuk kamu kunjungi.

Bali

Sejak dulu, nama Bali memang sudah tersohor. Bahkan, bisa dibilang bahwa nama Bali jauh lebih mentereng dari nama Indonesia itu sendiri. Itu kenapa tak sedikit wisatawan mancanegara yang mengira bahwa Bali adalah negara berbeda yang bukan merupakan bagian dari Indonesia. Hihih. 

Indahnya Bali menjadi inspirasi pula bagi Kementerian Pariwisata untuk melahirkan 10 Bali Baru di Indonesia sebagai upaya untuk memperkenalkan destinasi lain di negara kita yang tak kalah cantiknya kepada dunia. 

Sebelum pandemi, data menyebutkan bahwa jumlah wisatawan mancanegara ke Bali tembus 6,3 juta orang. Itu artinya, sebanyak 17,5 ribu orang datang ke Bali. Sedangkan wisatawan lokal mampu menembus angka 10 juta orang per tahun. 

Meski angka pengunjung ini belum bisa dikejar di tahun-tahun pandemi, tapi Bali selalu bisa diandalkan untuk menenangkan hati baik wisatawan dalam maupun luar negeri. 

Sejumlah lokasi-lokasi yang bisa dikunjungi di Bali adalah Kuta, Uluwatu, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pandawa, Tanah Lot, hingga Ubud. Jangan lupa pula sejumlah atraksi budaya yang memukau, hingga Babi Guling krispinya yang tak boleh dilewatkan. Eits, tenanggg, Bali masih punya segudang kuliner halal yang bisa mengenyangkan perut seperti Nasi Tekor atau Bebek Bengil. 

Labuan Bajo

Selain Bali, Indonesia juga dianugerahi Labuan Bajo. 

Berada di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tempat ini disebut-sebut sebagai salah satu surga wisata paling Timur Indonesia. 

Pasalnya, Labuan Bajo tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, namun terdapat pula hewan purba yang nenek moyangnya sudah ada sejak 30 juta tahun yang lalu, Komodo. 

Taman Nasional Komodo dengan hewannya yang dilindungi, Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca masuk dalam situs Warisan Dunia Unesco. Ngga heran bila tempat ini menjadi tujuan wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Tiga Gili

Trio Gili atau Tiga Gili artinya tiga pulau kecil. Tempat ini bisa kita temukan di Lombok, tak jauh pula dari Bali sehingga wisatawan yang berkeinginan untuk datang ke tempat ini memiliki lebih banyak opsi destinasi lain yang bisa dikunjungi usai menyelesaikan wisata di Gili.  

Pulau kecil yang dimaksud adalah Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang letaknya berdampingan. Ketiga destinasi ini menawarkan keindahan pantai, dan dunia bawah laut pulau yang memukau.

Begitu banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, Gili Trawangan bahkan mendapatkan julukan sebagai perkampungan internasional atau desa dunia. 

Lokasi ini sangat tepat bagi wisatawan muda baik destinasi alamnya, hingga pusat hiburan malam yang sangat memadai. Tenang, seluruh fasilitas umum di ketiga Gili ini juga terbilang lengkap sehingga tak perlu bingung bila hanya sekedar berburu akomodasi saja. 

Itu dia tiga destinasi wisata Indonesia yang paling banyak dikunjungi. Tertarik untuk datang?