Cantiknya Mandalika, Berolahraga Sambil Berwisata

Izi Roam | 07 Dec 2021

Nama Mandalika belakangan kian terbang. Sebetulnya nama ini sudah mengudara sejak dua tahun lalu ketika pembangunan sirkuit Mandalika dimulai. Namun begitu diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, namanya, kian mendunia.

Bagi yang belum mengetahui, Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit balap yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tepatnya di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,31 Km dengan 17 tikungan. Selain itu, di sirkuit ini disiapkan 50.000 tempat duduk di grand stand dengan total jumlah penonton sebanyak 195.700.

Pertamina Mandalika International Street Circuit ini telah digunakan dalam pelaksanaan World Superbike yang telah berlangsung 19-21 November lalu. MotoGP sebagai gelaran kedua rencananya akan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

Kaya akan destinasi wisata

Mandalika menjadi salah satu tempat di Nusa Tenggara Barat yang kaya akan destinasi wisata indahnya. Sebut saja Bukit Merese dengan pesonanya yang luar biasa. Padu padan hijaunya bukit dengan hamparan birunya Tanjung Aan di sebelah kiri dan cantiknya sebagian pantai Seger di sisi kanan.

Bukit Merese menjadi salah satu rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Lombok. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah saat musim hujan, ketika seluruh rumput tumbuh subur dan membuat bukit terlihat lebih hijau.

Jangan ketinggalan juga untuk mengunjungi Pantai Kuta Mandalika, salah satu spot terbaik untuk menikmati waktu. Tak jauh dari sana, terdapat hotel terbaru yang siap membantumu untuk tidur lelap usai berkeliling seharian. Jangan lupa untuk meminta petugas agar kamu mendapatkan kamar yang mengarah langsung ke laut.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi desa Sade dan desa Ende, dua dari sekian desa wisata yang ada di Mandalika yang hingga kini terus dijaga.

Di desa ini, kamu akan bertemu penduduk asli sasak yang salah satu yang salah satu mata pencahariannya adalah penenun. Tentu, bagi pemburu kain tenun, tempat ini menjadi surga untuk berbelanja. Selain telah mendapatkan kain tenun impianmu, kamu juga telah berkontribusi untuk menaikkan ekonomi warga lokal, lho. Di sini, kamu juga berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan alat musik genggong dan perisaian.

Makanan yang khas

Lombok, termasuk Mandalika di dalamnya, memiliki salah satu jenis makanan yang rasanya khas. Pedas.

Sebut saja Plecing Kangkung, ada juga Ayam Merangkat yang dirakit dengan cerita lokal tentang penculikan perempuan untuk dijadikan pengantin sang pria. Hingga kini, cerita ini masih terus berlangsung.

Wahh, pecinta kuliner pedas, harus banget mengunjungi tempat ini untuk menikmati beragam jenis makanan pedasnya.

Gelaran olahraga bertaraf Internasional

Sport tourism adalah salah satu upaya Mandalika untuk mengenalkan Lombok ke dunia.

Usai memamerkan gelaran olahraga otomotif, kamu juga harus mengetahui L’etape Indonesia by Tour de France. Perayaan olahraga tahunan nomor satu yang telah digelar di berbagai negara ini, tahun depan juga akan dilangsungkan di Mandalika.

Ajang olahraga yang menggunakan sepeda ini digelar dengan melalui jalur-jalur pemandangan yang menakjubkan. Targetnya, akan ada lebih dari 2.000 pengendara sepeda dan 10.000 audience.

Selain itu, ada pula gelaran Sembalun Paragliding, kompetisi Sembalun 7 Summits, Rinjani Adventure Bike Park, serta sederet kompetisi lain yang dihelat.