Tips Menjaga Keamanan Diri Saat di Negeri Orang

Iziroam | 20 Feb 2020

Saat travelling di luar negeri, rasa bahagia itu memang sulit untuk ditahan. Apalagi jika perjalanan tersebut adalah perjalanan yang sudah lama diidam-idamkan. Namun, meski dalam kondisi senang, kamu juga harus bisa menahan diri agar tak berlebih di mata orang asing.

Selain terlihat lebay, bersikap berlebihan juga akan mencelakakan diri dan group travellingmu. Sikap yang berlebihan bisa membuatmu menjadi incaran orang-orang jahat di negara tersebut dan menjadikanmu sebagai target korbannya. Tidak mau kan?

Untuk mencegah hal-hal tersebut, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

Membawa barang seperlunya
Yang lagi senang-senangnya liburan, biasanya sudah siapin barang yang akan dibawa dari jauh-jauh hari. Pakaian untuk mix and match, aksesoris, sepatu, tas dengan warna senada. Tak lupa juga kamera, DJI Osmo pocket, handphone, drone juga kalau bisa. Tujuannya 1, untuk keperluan dokumentasi. Jangan sampai liburan ini lewat begitu saja dan tidak dilihat orang lain. Jangan sampai.

Membawa begitu banyak barang elektronik menjadikanmu kerepotan selama di perjalanan. Alhasil kamu sendiri tidak bisa menikmati perjalanan karena repot harus menjaga barang-barang tersebut.

Boleh kok kamu membawa peralatan dokumentasi, namun sebaiknya bawa satu saja benda terbaik yang kamu punya. Lagi pula, keberadaan handphone seharusnya cukup untuk membantu mendapatkan ragam dokumentasi sesuai yang dibutuhkan.

Hindari untuk membawa banyak jenis peralatan dokumentasi, hindari untuk mengenakan perhiasan emas, dan jangan membawa uang tunai terlalu banyak di hari yang sama. Meskipun menyenangkan, hal-hal ini justeru menjadi ancaman karena kamu akan ditargetkan menjadi korban orang-orang jahat di luar sana.

Baca juga: Hati-hati, Begini Cara Penjahat Mengambil Alih Barangmu

Waspada terhadap barang bawaan
Setelah meminimalisir barang bawaan, perhatikan terus barang bawaanmu. Tutup rapat tas dan dompet, selalu letakkan tasmu di bagian depan tubuh atau di area yang bisa kamu kontrol. Hindari meminjamkan barang bawaan kepada orang tak dikenal.

Tetap berdekatan dengan tim
Walau diberi sesi untuk menghabiskan waktu sendiri-sendiri, sebisa mungkin tetap berada di wilayah yang sama dengan orang yang kamu kenal. Selain ada teman untuk berbicara dan saling tukar jepret foto, kamu juga akan merasa lebih aman dan nyaman sehingga tidak parno sendiri selama berkeliling di lokasi wisata.

Saat tanpa kamu sadari seseorang mencoba untuk mencelakakanmu, berada di dekat tim akan sangat membantu keamanan satu sama lain anggota tour. Setidaknya ada yang akan neriakin orang jahatnya, lha.

Tidak mudah tergoda dengan orang asing yang mengajak berbicara
Menjadi wisatawan mancanegara di negara lain memang menyenangkan. Apalagi jika bertemu warga lokal yang rasanya jauh lebih menarik dari orang-orang Indonesia. Ada perasaan bangga tersendiri jika bisa berbincang sedikit banyak dengan orang-orang tersebut.

Tapiiii, jangan mudah tergoda atau terlena jika ada warga lokal yang mengajakmu berbicara ya. Perhatikan sekelilingmu saat seseorang mengajakmu berbicara. Walaupun kesannya menunjukkan prasangka buruk pada orang lain, itu adalah bentuk kewaspadaan terhadap keamanan diri sendiri. Yang penting, kamu tidak menyakiti ataupun membuatnya tersinggung.

Bisa saja orang-orang yang ada di sekelilingmu adalah “tim”nya untuk melakukan hal jahat yang sudah direncanakan dan kamu sebagai targetnya. Tetap hati-hati yaaa.

Menjaga sikap
Terakhir adalah menjaga sikap. Jangan pecicilan kalau kata orang Indonesia. Hehhe. Bahagia tentu saja boleh. Tak ada satu orangpun yang melarang itu untuk dilakukan. Namun, jika berlebihan banyak kemungkinan sikap yang tak sewajarnya malah berujung mencelakakan diri sendiri.