Andorra: Negeri Teraman di Atas Awan

By iziRoam - 2019-10-27 21:37:41
Andorra: Negeri Teraman di Atas Awan

Mengapa negeri impianku ini begitu spesial hingga aku ingin mengunjunginya ? Yaps, karena disinilah negara yang berada di atas awan bak khayalan terpampang dalam kenyataan.

Berbagai negeri yang siap masuk daftar list paling utama hanyalah Mekah, Saudi Arabia. Selain itu, negera-negara yang ingin begitu kukunjungi semuanya berawalan huruf ‘A’. Termasuk namaku sendiri pun juga berawalan ‘A’. Ahh, ini takdir dan semoga saja suatu saat benar-benar bisa terbang kesana, hehe…

Andorra, salah satu yang menjadi primadona yang masuk list negara favorit sejak aku masih dalam kandungan, eh.. maksudnya sejak SD. Waktu SD, ibuku pernah menyodorkan sebuah koran dengan bacaan khusus travelling. Padahal kami waktu itu hanya seorang dengan ekonomi pas-pasan dengan penghasilan utama dari usaha bengkel spet di salah satu distrik kecil di ujung Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun, ibuku memang suka memberikan koran yang usai dibacanya sebagai bahan bacaanku sebelum akhirnya koran-koran itu dijadikan penutup cat spet. Aku yang masih kecil sangat terkesima melihat gambar besar yang menghiasi headline halaman travelling di koran itu. Aku masih ingat jelas bagaimana bentukan gambarnya, ada sebuah istana yang dikelilingi awan-awan bak memang melayang. 

“Suatu saat kamu bisa kesana !” ucap ibuku yakin.

“Amin, bersama ibuk, bapak, juga adik tentunya.” Kami pun tertawa karena ucapan itu sedikit menggelitik nadi kami. Meskipun kami golongan masyarakat kelas bawah, tetapi ibuku selalu memberikan wejangan untuk berjuang menggantungkan impian setinggi langit. Kalau ada yang berkata, jatuhnya nanti sakit, buk ! Ibuku hanya tersenyum, “Setidaknya anak-anak saya bisa berjatuhan di antara bintang.” Aku yang masih kecil kagum dengan keyakinan itu.

Itulah mengapa, Negeri di Atas Awan menjadi salah satu tujuan yang hendak ingin kami kunjungi. Alasan kuatnya adalah membuktikan bahwa ibuku memang perempuan hebat yang tidak hanya membuat mimpi tinggi untuk anak-anaknya, tetapi juga berjuang keras dan secara cerdas mewujudkannya.

Jika ditanya alasan mengapa aku begitu ingin mengunjungi Andorra setelah Mekah Madinah, jawabannya tentu saja, “Aku ingin membuktikan bahwa ibuku benar!”

Kenapa Andorra begitu spesial di mataku ? Tentu saja karena itu menjadi saksi bisu perjuangan kami yang masih ‘nobody’ kelak dikenal menjadi ‘somebody’. Dan upaya untuk berkeliling dunia tidak hanya dari kalangan orang dengan finansial wah seperti mereka-mereka yang pernah meremehkan kami. Akan tetapi, kami juga sama-sama memiliki hak sama melakukannya. Ingat saja, ini bumi ada Tuhan yang memiliki, semua memiliki hak yang sama untuk menjelajahi kebesaran yang telah Tuhan ciptakan untuk penghuni bumi.

Prinsip itu tetap kupegang teguh. Aku bermimpi mengunjunginya tanpa mengetahui apa-apa yang ada di dalamnya. Yang membekas hanyalah keindahan istana yang berada di atas awan itu. Kemudian, saat aku masuk SMA, aku bertemu seorang teman yang cukup baik. Suatu ketika, ia pernah bertanya padaku dengan khas logat jawanya,

Rin, Negeri opo seng pingin koen kunjungi?”

*Rin, Negeri apa yang kamu ingin kunjungi ?

Aku memikirkannya sejenak, “Arab Saudi seng utama, opoo ?”

*Arab Saudi yang utama, kenapa ?

“Aku pingin neng Andorra, ngerti lah !” dan seterusnya, dia terus bercerita tentang negeri impiannya itu. Jadilah selama sore di kost itu, kami berdua bercerita tentang Andorra. Aku hanya tersenyum, “kita sama, teman,” gumamku. Dari cerita temanku itulah, keinginanku menguat untuk membulatkan tekad mengunjungi negeri yang sejak lama melekat menjadi tujuan pembuktian pada masyarakat. 

Mungkin, tidak banyak orang yang mengenal Andorra. Salah satu negara yang ada di Eropa ini memiliki luas wilayah 468 km2 dan termasuk dari enam negara mikro Eropa. Letaknya yang terhimpit Prancis dan Spayol menjadikan negara ini aman dari invasi. Bahkan, di Andorra terkenal dengan keamanannya yang tidak ada perang apapun sejak seribu tahun lalu.

Andorra La Vella

Seluruh wilayah Andorra berada di antara jajaran Pegunungan Pirenea Timur di Semenanjung Iberia, ropa. Ibu kota Andorra, Andorra La Vella, merupakan kota dengan lokasi tertinggi di dunia dengan ketinggian 1.023 m. Letaknya yang berada di dataran tinggin inilah yang membuat Andorra menarik untuk dikunjungi. Mengingat juga populasi penduduk di Andorra juga masih tidak terlalu banyak, sehingga ketenangan bisa kita dapatkan suka-suka. 

Keistimewaan Andorra

"Sekali pukul, dapat dua burung."

Mungkin pepatah di atas sesuai untuk menggambarkan mengapa saya memilih Andorra. Ketika kamu berlibur di suatu negara, kamu hanya bisa mengunjungi destinasi negara itu saja. Namun, untuk Andorra, kamu bisa mengunjungi antara dua negara sekaligus, loh. Lokasi Andorra yang berada di dataran tinggi membuat kita tidak bisa akses transportasi jalur udara ataupun laut, hanya bisa melalu jalur darat dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, baik melalui Prancis maupun Spanyol. Inilah mengapa, ketika kita berencana berlibur ke Andorra, kita juga dapat paket jalan-jalan dari Prancis atau Spanyol.

Andorra merupakan negara dengan fakta unik dipimpin oleh dua orang kepala negara atau disebut Dwi Kepala Negara Andorra. Kepala Negara Andorra dipegang secara ex-officio oleh Presiden Prancis dan Uskup Urgell yang mengepalai wilayah Spanyol. Dengan demikian, Andorra merupakan negara dengan perizinan yang mencakup dari Prancis dan Spanyol.

Jika kita berniat melalui jalur transportasi kereta api, maka kita bisa stand di Stasiun L’Hospitalet-pres-l’Andorre di wilayah Prancis. Sementara jika menggunakan transportasi udara, pesawat hanya bisa mendarat di bandara komersial terdekat di Barcelona, Spanyol maupun Toulouse, Prancis. Untuk melanjutkan menuju Andorra, kita harus menggunakan transportasi darat, bisa dengan bus atau kendaraan pribadi.

Andorra juga negeri yang dikenal sangat aman. Bahkan persentase kriminalitas adalah nol persen. Andorra sebenarnya tidak memiliki pasukan militer, atau disebut sebagai negeri tanpa militer. Akan tetapi, jangan remehkan ! Bidang pertahanan Andorra dipegang oleh militer Prancis dan Militer Spanyol yang mana dikenal dengan salah satu pasukan militer terkuat di Eropa. Jadi, kita tidak perlu takut kecopetan, tas digondol maling, dan sebagainya. Di Andorra, kriminalis sudah menjadi sosialis. Hahaha…

Selain keamanan dan lokasinya yang terapit dua negeri berpengaruh, kebudayaan dan sektor pariwisata Andorra juga cukup mengesankan. Iklim sedang dengan kecenderungan suhu lebih dingin sebab ketinggian letak demografinya membuat Andorra memiliki banyak resort ski, baik wisata untuk musim dingin maupun musim panas. Kegiatan wisata alam hiking juga bisa kita lakukan. Jadi, kita bisa bermain salju, berselimut salju di sekujur baju, atau bahkan membuat es krim barang kali? Meskipun bukan di musim dingin, wkwk...

Di Andorra juga kita tidak perlu takut kehabisan uang sehingga khawatir tidak dapat membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kebijakan bebas pajak untuk barang retail yang ditetapkan Pemerintah Andorra menjadikan barang-barang di sana relatif lebih murah. Kita bisa berbelanja dengan modal pas-pasan, tidak seperti halnya di Paris ataupun Rumania, khususnya barang-barang retail. So, jika ingin berbelanja murah, Andorra lah tempatnya!

Liburan di Andorra itu seperti sudah menjadi satu paket. Termasuk jalan-jalan, petualangan, berbelanja, atau mungkin sekedar menikmati kenyamanan sesaat sendirian atau bersama keluarga tersayang. Karena terkadang ketika aku sendiri keadaan jenuh, aku begitu ingin sendiri. berada di tengah-tengah kota kecil minimalis dengan suasana harmonis. Mungkin, teman-teman memiliki pemikiran yang sama dengan saya ???.

Di Andorra, kamu tidak perlu juga khawatir untuk mencari kendaraan berkeliling, kita cukup jalan kaki berpindah tempat satu ke tempat lain. Penataan kota di Andorra juga cukup praktis untuk jalan-jalan. Sembari kita jalan, kita bisa langsung menikmati pemandangan yang nuansa alaminya sangat terasa. Udaranya, tanamannya, tanahnya, langitnya, kotanya, kita bisa saksikan semuanya. Ketika kita naik di beberapa tempat yang lebih tinggi, kita akan menyaksikan sungguh pemandangan yang luar biasa. Apalagi jika kita menyaksikannya ketika malam tiba. Bintang-bintang bak bertebaran di kota-kota Andorra.

Dengan berbagai keindahan dan pemandangan luar biasa Andorra, kita pasti tidak akan menyesal mengunjunginya. Suatu hal yang patut untuk disyukuri. Dan juga pasti sayang, Eman, jika tidak diabadikan ya teman. Jadi, pastikan ambil banyak potret yang berharga sebelum pulang, ya kawan. Share di media sosial juga sangat boleh. Khawatir tidak ada jaringan ??? Wkwk, jangan khawatir, kalian bisa kok, menggunakan jasa iziroam untuk roaming dan internet jaringan kalian. Terjangkau loh teman, praktis pula... Berkomunikasi dengan orang rumah juga lancar jaya, dijamin pasti liburan kalian mudah dan berkesan sejagat raya, hehe..

Nah, cuzz, kalian bisa langsung pesan di sini SINI

Kalian juga bisa melihat beberapa ulasan di link tersebut. Selamat survive!

Sekali lagi, alasan utama mengapa aku begitu ingin mengunjungi Andorra dan menjadikannya spesial hanya karena Andorra menjadi kunci pembuktiaan yang hendak suatu saat aku pasti dapat wujudkan. Hingga pada akhirnya aku menemukan sejuta keistimewaan Andorra karena rekan saya yang luar biasa. Semoga saja. In the name of Allah.

#gapakedropsinyal#iziroam #TravelwithIziroam

Featured Posts
Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ketika bepergian ke luar negeri, saya selalu membawa Iziroam agar dapat tetap berkomunikasi dan upda..

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Adaaa saja cara orang kaya menghabiskan penghasilannya. Mulai dari membeli kendaraan mewah, barang-b..

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah..

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan..

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar..

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betap..

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Dari 5.300 banyaknya makanan asli Indonesia, ada lho beberapa kuliner kita yang namanya nyeleneh abi..

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur sekolah diperpanjang, ASN dan pegawai swasta DIANJURKANW WFH, kamu yang belum kembali dari mud..

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berdasarkan data yang disampaikan Kemeparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di ..

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah t..

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Pemerintah telah mengumumkan perkiraan puncak arus balik dimulai tanggal 6 hingga tanggal 8 mendatan..

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Sebagian anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun bila sedang aktif-aktifnya,..

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Yang terpenting adalah, perempuan Indonesia bisa membuktikan bahwa pendidikan yang diterima berkat e..

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan tak hanya tentang ibadah puasa dan khusyuk Ramadan semata, tapi identik pula dengan pr..

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, menemukan masjid di Indonesia bukanlah perkara su..

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Banyak orang menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Begitu serunya, acara ngabuburit sering bik..

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Travelling sampai puas dengan budget terbatas memang impian banyak orang. Salah satu caranya adalah ..

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

Memang, sejumlah tradisi hanya bisa kita lihat dan nikmati di hari-hari atau tanggal tertentu saja, ..

Tips Travelling Saat Puasa

Tips Travelling Saat Puasa

Meski terkesan mudah, sebetulnya travelling saat puasa butuh kiat-kiat khusus agar stamina tetap ter..

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

Siap-siap traveling keluar negeri lagi? Berikut 5 negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina.....