Impian Berlibur dan Menjelajah Wisata Halal di UK

By iziRoam - 2019-10-27 21:31:42
Impian Berlibur dan Menjelajah Wisata Halal di UK

Inggris adalah salah satu destinasi wisata impian bagi traveler dunia. Banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur megah yang masih berdiri kokoh tanpa menghilangkan kisah sejarah dibaliknya. Kini, inggris juga dikenal sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia, artinya inggris ramah bagi wisatawan muslim. Saya sendiri bermimpi untuk bisa sekedar berlibur dan menjelajah indahnya wisata hahal di negeri ratu Elizabeth itu. Bagaimana kisahnya impian saya? Mengapa saya sangat special bagi saya? Simak ulasannya berikut ini.

Terkenal di daratan eropa sebagai negara yang makmur dan indah, Inggris dihuni jutaan manusia dengan berbagai latar belakang suku, budaya, dan agama dari seluruh penjuru dunia. Keterbukaan warga inggris terhadap pendatang dan wisatawan mancanegara menciptakan iklim akulturasi budaya dan toleransi yang menyejukkan.

Selama ini, saya pribadi hanya dapat mengenal langsung atmosfer Inggris dari siaran liga inggris di TV. Menonton siaran pertandingan sepakabola dimana stadion-stadionnya begitu sedap dipandang, terasa nyaman, dan selalu dipenuhi suporter yang datang mendukung. Sepertinya pertandingan sepakbola di sana juga telah menjadi hiburan akhir pekan bagi warganya. Ah, rasanya ingin sekali membaur bersama mereka.  

Kini, selain dikenal dengan destinasi wisata sepakbolanya yang atraktif dan menghibur, Inggris telah bertransformasi menjadi salah satu negara destinasi wisata halal dunia.

Berdasarkan rilis Global Muslim Travel Index 2019, Inggris menempati peringkat ke-3 di antara negara-negara non-OIC, negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim. Secara keseluruhan, Inggris menempati peringkat 25 sebagai wisata halal dunia. Ketersedian tempat ibadah, makanan halal, kamar mandi ramah air, dan lingkungan bebas islamophobia menjadi beberapa layanan aspek yang digunakan untuk penilaian wisata halal. Inggris telah memenuhi aspek-aspek tersebut termasuk lingkungan yang bebas islamophobia. Loh, bukannya kasus kriminal atau kekerasan terhadap muslim banyak terjadi ya di Inggris?

Pesona Mo Salah, Pancarkan Citra Baik Seorang Muslim

"Mo Sa-la-la-la-lah/Mo Sa-la-la-la-lah,” demikian bunyi chant terbaru para suporter Liverpool, “If he's good enough for you/ he's good enough for me. If he scores another few/ then I'll be Muslim too. If he's good enough for you/ he's good enough for me. He's sitting in the mosque that's where I wanna be.” 

Pernah mendengar lirik nyanyian di atas? Bagi pendukung Liverpool FC, nyanyian tersebut tidak asing lagi, karena lirik tersebut ditujukan kepada salah satu idola mereka, Mohamed Salah. Sejak kedatangan Salah ke Liverpool FC, beberapa peneliti mengungkapkan kasus kebencian terhadap muslim turun. Salah telah menjadi sumber inspirasi dan dinobatkan sebagai ikon citra baik muslim dunia terutama Inggris. Bahkan, beberapa pendukungnya menjadi mualaf setelah melihat aksi Salah baik di lapangan maupun di luar lapangan. Kasus kekerasan terhadap muslim juga turun dan pesona Salah sebagai pesepakbola muslim semakin memberi citra baik seorang muslim kepada masyarakat Inggris.

Masjid menjadi ikon baru di Inggris

Seiring bertambahnya populasi muslim di Inggris, semakin banyak masjid didirikan. Bahkan beberapa bangunan masjid di Inggris ada yang dulunya merupakan gereja yang sudah tidak terpakai. Nah, beberapa ikon masjid di Inggris inilah salah satu destinasi yang ingin saya kunjungi di apabila berkesempatan pergi ke inggris.

1. East London Mosque and London Muslim Centre

Masjid pertama yang ingin saya kunjungi adalah Masjid London Timur, tempatnya di sekitar kawasan Tower Hamlet, kota London. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbersar di eropa dengan daya tampung 7000 jamaah. Selain sebagai tempat ibadah, Kawasan masjid ini juga berfungsi sebagai pusat Pendidikan muslim di London timur dengan berdirinya London Muslim Centre dan Maryam Centre. 

2. Regent Park Mosque

Masjid kedua yang ingin saya kunjungi di kota London adalah Regent Park Mosque atau juga dikenal sebagai London Central Mosque & Islamic Cultural Centre. Disebut sebagai Regent Park Mosque karena letak masjid ini yang berada di kawasan Regent’s Park London. Aristektur masjid ini, sudah sangat modern dan megah. Di kawasan masjid ini, kabarnya juga terdapat toko buku dan cafe. Letaknya yang dekat dengan Regents Park menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

 

Selain kedua masjid di kota London tersebut, ada satu lagi masjid di Inggris yang ingin sekali saya kunjungi. Letaknya tak jauh dari London, yaitu kota Liverpool. Di kota ini, terdapat masjid yang disebut-sebut tertua se-Britania Raya, namanya Masjid Abdullah Quilliam. Masjid ini dibangun pada tahun 1889 dan sekarang bukan tempat salat saja, tapi juga pusat kajian Islam di Liverpool, panti asuhan, sekolah boarding school, laboratorium, hingga museum.

 

Berhubung sudah ada di Liverpool, sekalian saja kalau bisa mampir berfoto di depan megahnya stadion Liverpool FC, Anfield. Ya, walaupun Liverpool bukan tim kesayangan saya namun melihat langsung pesona Mo Salah merupakan suatu kesenangan tersendiri. Apalagi dapat berkunjung ke salah satu stadion paling bersejarah di jagad sepakbola dunia. Saya pribadi rela menyisihkan uang di tabungan agar dapat menonton pertandingan Liverpool melawan Manchester United di Anfiel. Pasti atmosfer pertandingannya panas, tapi sebanding dengan keseruannya, apalagi tak perlu takut sebagai wisatawan muslim disana, mengingat sejak kedatangan Mo Salah, situasinya lebih kondusif bagi wisatawan muslim.

Lelah menyusuri indahnya negeri Ratu Elizabeth, pasti membutuhkan asupan nutrisi bukan? Sekali lagi, Inggris adalah salah satu destinasi wisata halal dunia, jadi sepertinya saya tidak perlu kawatir dengan makanan halal di sana bukan? Ya, memang benar adanya, di Inggris sudah banyak restoran-restoran halal yang buka. Menu makanannya juga pasti beragam dan kaya akan rasa mengingat Inggris sebagai negara multikultur. Saya pribadi ingin sekali berkunjung ke salah satu restoran halal di Inggris. Ya, kalau ternyata harganya tidak bersahabat mungkin saya bisa membeli makanan halal di kantin-kantin masjid di kota London. Saya mendengar beberapa masjid di sana telah menyediakan kantin sendiri bagi pengunjungnya, termasuk Islamic Centre di London. 

Oiya, ada yang terlewat. Menjelang malam hari, jika saya berkesempatan ke Inggris, saya ingin berfoto di depan ikon Inggris, Big Ben, London Eye, dan Bridge Tower. Rasanya perjalanan ke Inggris tidak akan afdol kalau tidak berfoto dulu di sana kan.

London eye merupakan salah satu ikon bagi Inggris. Di sini menjadi salah satu tempat perayaan malam pergantian tahun baru yang spektakular itu. 

Hmm… Inggris begitu spesial bagi saya. Dulu memimpikan pergi kesana hanya untuk bisa menonton Liga Inggris secara langsung, tapi sekarang bisa sekalian menikmati tour wisata halal di Inggris sambil mempelajari sejarah Islam di Inggris. Mungkin, sekarang hanya bisa melihat Inggris cari foto atau gambar di internet, berita internasional, dan pertandingan liga inggris di TV. Namun, siapa tau setelah menabung cukup uang dan mendapar rezeki yang cukup, suatu hari bisa pergi ke sana mewujudkan impian berlibur dan menjelah wisata halal Inggris.

Kalau saya rinci mungkin alasan berikut inilah yang membuat saya begitu rela menyisihkan uang agar bisa ke Inggris. Alasan-alasan yang menjadikan Inggris negara yang begitu spesial buat saya.

Sekarang tinggal melanjutkan impian tersebut agar menjadi kenyataan. Tentunya butuh persiapan yang matang. Bukan hanya persiapan fisik, perbekalan dan kantong, tapi juga perisapan administrasi seperti paspor. Dan, satu lagi, modem wifi agar tidak perlu roaming ketika berada di luar negeri.

Iziroam, Solusi Modem WIFI Untuk Perjalanan ke Luar Negeri

Repot bukan kalau harus instaal SIM card baru dan harus mengeluarkan biaya besar untuk roaming? Nah yang cukup kita lakukan adalah menyewa modem wifi saja, dan iziroam sudah menyediakan semuanya. Kita hanya perlu memakainya saja dan keuntungannya adalah dapat dipakai hingga 5 perangkat WIFI, hemat kan. Biaya sewanyapun tidak mahal. Sebagai contoh, saya akan ke UK, setelah melihat info harga sewa di website iziroam (iziroam.com), cukup siapkan biaya mulai 88 ribu rupiah hingga 135 ribu rupiah per hari saja. Murah bukan? 

Bagaimana prosedur penyewaanya? 

Segera nikmati kenikmatan koneksi internet cepat dengan modem WIFI Iziroam di 108 negara!

Untuk info lebih lanjut kontak saja iziroam di websitenya, iziroam.com atau datangi saja langsung kantornya yang beralamatkan di Jalan Sultan Agung No.7, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12980. Sekarang travel ga pake drop sinyal karena ada iziroam.

Akhir kata, sekali lagi saya sangat berharap mimpi ini dapat terwujud suatu hari nanti. Menikmati indahnya Inggris secara langsung dengan mata kepala sendiri. Melihat pertandingan sepakbola terbaik, Liga Inggris secara langsung di stadion. Menikmati sajian wisata halal di Inggris sekaligus berinteraksi dengan muslim Inggris dan sejarah Islam di sana. Ah, membayangkannya saja sudah membuat bahagia, smeoga kelak bisa terwujud mimpi ini. Aamiinn. 

Salam literasi.

#gapakedropsinyal #iziroam #TravelwithIziroam

Featured Posts
Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ketika bepergian ke luar negeri, saya selalu membawa Iziroam agar dapat tetap berkomunikasi dan upda..

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Adaaa saja cara orang kaya menghabiskan penghasilannya. Mulai dari membeli kendaraan mewah, barang-b..

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah..

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan..

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar..

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betap..

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Dari 5.300 banyaknya makanan asli Indonesia, ada lho beberapa kuliner kita yang namanya nyeleneh abi..

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur sekolah diperpanjang, ASN dan pegawai swasta DIANJURKANW WFH, kamu yang belum kembali dari mud..

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berdasarkan data yang disampaikan Kemeparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di ..

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah t..

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Pemerintah telah mengumumkan perkiraan puncak arus balik dimulai tanggal 6 hingga tanggal 8 mendatan..

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Sebagian anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun bila sedang aktif-aktifnya,..

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Yang terpenting adalah, perempuan Indonesia bisa membuktikan bahwa pendidikan yang diterima berkat e..

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan tak hanya tentang ibadah puasa dan khusyuk Ramadan semata, tapi identik pula dengan pr..

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, menemukan masjid di Indonesia bukanlah perkara su..

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Banyak orang menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Begitu serunya, acara ngabuburit sering bik..

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Travelling sampai puas dengan budget terbatas memang impian banyak orang. Salah satu caranya adalah ..

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

Memang, sejumlah tradisi hanya bisa kita lihat dan nikmati di hari-hari atau tanggal tertentu saja, ..

Tips Travelling Saat Puasa

Tips Travelling Saat Puasa

Meski terkesan mudah, sebetulnya travelling saat puasa butuh kiat-kiat khusus agar stamina tetap ter..

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

Siap-siap traveling keluar negeri lagi? Berikut 5 negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina.....