Tana Humba, Tanah Impian

By iziRoam - 2019-10-27 13:41:35
Tana Humba, Tanah Impian

“It is a big and beautiful world. Most of us live and die in the same corner where we were born and never get to see any of it. I don’t want to be most of us.” – Oberyn Martell, Game of Thrones

 

Tana Humba, Tanah ImpianBermimpi dan berangan-angan sebelum tidur adalah sebuah perjalanan yang saya ambil dalam kehidupan tidak nyata. Segala sesuatu dalam mimpi adalah simbol dari aspek diri saya dengan tujuan pertama: untuk memahami dan mempelajari apa arti "perjalanan malam" ini. 

 

Setiap malam, saya selalu meletakan mimpi saya disebuah tempat nan jauh disana, tempat dimana saya bisa merasakan hidup yang lebih dekat dengan semesta, manusia dan diri saya sendiri. Dan saya percaya, suatu hari saya akan mewujudkan mimpi dan angan-angan saya. Mempimpikan dunia yang indah dan luas.

 

Dari seluruh tempat yang ada di dunia, saya selalu membayangkan  berada di sebuah tempat indah bernama Tana Humba.

 

source : https://travel.tribunnews.com/2018/01/17/wisata-sumba-bukit-wairinding-hingga-danau-weekuri-inilah-5-destinasi-menakjubkan-di-tanah-humba

 

Saya selalu bangga menjadi seorang yang terlahir di Indonesia, dengan segala kekayaan yang dimilikinya, alam – suku – bangsa – budaya – bahasa - yang tidak akan ada habisnya. Hal itu membuat saya ingin lebih jauh mengenal negara kelahiran saya, dan mengutamakan berlibur di Indonesia dibandingkan negara lainnya. Karena seringkali kita terlalu melihat jauh ke sana, namun tidak peka dengan destinasi alam budaya yang ada di negara kita.

 

source : https://scetizwisata.files.wordpress.com/2014/04/d5c27ce1dbe8dcba290932f4f4cf1.jpg

 

Tana Humba adalah sebutan untuk pulau di Nusa Tenggara bernama “Sumba”. Sumba berasal dari kata “Humba” atau “Hubba” yang berarti asli. Masyarakat Sumba sering menyebut pulau mereka sebagai “Tana Humba” atau Tanah Asli, dan memanggil diri mereka dengan sebutan “Tau Humba” atau Orang Asli.

 

source : https://lifestyle.sindonews.com/read/1282066/156/5-tempat-wisata-paling-menarik-di-pulau-sumba-ntt-1518592811

 

Medan di Sumba sangat berbeda dengan pulau-pulau di sekitarnya; perbukitan bergelombang menggantikan medan vulkanik khas di Indonesia dengan banyak daerah di Utara dan Timur pulau yang menyerupai sabana kering, sementara dataran tinggi tengah ditutupi oleh rumput alang alang asli dan pegunungan di Selatan meluas ke vegetasi tropis yang rimbun. Tidak heran jika Sumba kini menjadi destinasi pilihan dan disebut sebagai Pulau yang sangat eksotis. Banyak hal yang ingin saya lakukan di Sumba, antara lain :

a.    Mengenal Budaya Sumba Lebih Dekat

Pulau Sumba tidak hanya memberikan keindahan alam. Selain dikenal dengan penduduknya yang ramah, Sumba juga memiliki budaya dan tradisi yang unik, satunya adalah tradisi cium hidung atau "pudduk" (dalam bahasa Sumba Timur). Tradisi ini merupakan tradisi yang sudah diwariskan turun temurun oleh leluhur. Tradisi cium hidung merupakan simbol kekeluargaan dan persahabatan yang sangat dekat. 

 

source : https://travel.tribunnews.com/2019/06/26/hongi-tradisi-cium-hidung-masyarakat-sumba-yang-sarat-makna

 

Budaya menenun yang dilakukan oleh gadis dan ibu-ibu di Sumba, salah satu motif yang paling terkenal adalah motif kuda, motif ini menggambarkan kepahlawanan, keagungan, dan kebangsawanan karena kuda adalah simbol harga diri bagi masyarakat Sumba. Tidak hanya kuda, beberapa motif yang ada merupakan motif hewan yang memiliki arti yang berbeda beda.

 

source : https://www.gesuri.id/kerakyatan/dprd-ntt-minta-usut-kasus-plagiat-kain-tenun-sumba-b1WjgZkKz

 

Pengerjaan tenun ini dilakukan dengan sabar dan penuh cinta, sehingga helai demi helai benang itu diberi ruh dan menjadi kain tenun indah. Tenun Sumba sangat cocok dijadikan cinderamata untuk kerabat di kota. Sebagai seorang wanita, belajar menenun bersama saudara saudara di Sumba adalah suatu kewajiban jika impian saya terwujud.

 

b.    Mencintai alam dengan berkunjung ke destinasi wisata

Tidak dapat dipungkiri, impian saya jika berkunjung ke Sumba adalah merasakan kesunyian dan keindahan yang ada di alam Sumba. Beberapa destinasi wisata di Sumba masih jarang didatangi, sehingga saya ingin merasakan ketenangan dari hiruk pikuk kota dan pekerjaan yang seringkali memusingkan kepala. Dari banyaknya lokasi wisata, berikut tiga destinasi alam yang sangat saya ingin kunjungi :

·    Pantai Walakiri

Pantai dengan pohon-pohon mangrove kerdil yang terdapat di ujung bibir pantai ini jawaban dari keunikan pantai ini. Siluet pepohonan mangrove yang meliuk-liuk bak penari membuat Walakiri menjadi sebuah fenomena yang unik dan memanjakan mata. Pantai ini sangat cocok dinikmati saat senja karena memiliki perpaduan antara warna langit senja dan siluet pohon mangrove yang terlihat sungguh artistik.

 

source : https://www.idntimes.com/travel/destination/elvira-yuniar-cahya-putri/10-pesona-pantai-walakiri-surga-nyata-di-sumba-nusa-tenggara-timur 

·     Bukit Warinding 

Sumba terkenal dengan hamparan rerumputan yang sangat luas. Padang savana berwarna hijau saat musim hujan, dan berwarna kuning saat kemarau. Tidak heran begitu banyak kuda Sumba yang berkeliaran di savana ini. Ditemani dengan masyarakat Sumba yang ramah dan mau berbaur dengan para wisatawan membuat saya akan merasakan betapa kita sangat kecil dibandingkan ciptaanNya.

 

 source : https://travel.tribunnews.com/2019/06/27/potret-pesona-bukit-warinding-destinasi-yang-asri-di-sumba-timur

·     Air Terjun Wai Marang 

Membayangkan berenang di sebuah kolam yang memiliki air berwarna biru dan sangat jernih. Air terjun Wai marang selalu memiliki warna air yang biru jernih. Lantaran air selalu mengalir dari tiga air terjun dan merembes dari dinding bebatuan.

 

 source : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/1067238-air-terjun-waimarang-bak-surga-tersembunyi-dari-sumba-timur

c.    Mencicipi Kopi Sumba sebagai kuliner khas Sumba

Sebagai pecinta kopi, saya tidak ingin saya melewatkan  merasakan kopi Sumba yang dinobatkan sebagai kopi terenak di Indonesia dalam Festival Kopi Nusantara. Untuk menikmati kopi Sumba, ada  cara yang sedikit berbeda. Kopi jenis robusta ini akan dicampur potongan jahe saat disangrai. Penambahan jahe bertujuan menambah harum kopi saat diseduh dan kehangatan saat diminum. Pasti sangat lezat! 

 

source : source:https://kupang.tribunnews.com/2019/08/14/bupati-sumba-barat-resmikan-kopi-sumba

Sumba Tidak Sekedar Impian

Berkunjung ke suatu tempat bukan hanya membuat saya akan lebih mengenali tempat yang saya kunjungi. Namun, mendekatkan diri saya dengan diri saya sendiri dan pencipta. Saya akan lebih menghargai yang selama ini saya anggap remeh, akan lebih memiliki rasa toleransi dengan sesama, bahkan menyadarkan saya bahwa Indonesia memiliki kekayaan dan keragaman yang patut dijaga dan dipamerkan ke seluruh pelosok dunia.

 

source : https://kupang.tribunnews.com/2018/02/27/pulau-terindah-di-dunia-masyarakat-sumba-jangan-jadi-penonton

 

Walaupun tidak mudah menuju ke Pulau Sumba karena akses dan biaya yang tidak murah, saya percaya setiap mimpi saya akan terwujud jika saya mensugesti positif setiap harinya. Menabung dan berdoa merupakan salah satu dari usaha, mewujudkan impian sehingga menjadi kenyataan bukan perkara biasa. Karena dengan memiliki impian, saya harus bekerja lebih keras dari sebelumnya agar mampu mewujudkan cita-cita.

 

source : https://www.liputan6.com/regional/read/3022601/budayawan-sumba-pertahankan-kuda-sandelwood

 

Jika suatu saat impian saya terwujud, saya akan membuat konten terbaik dari Pulau Sumba, dengan foto, video bahkan tulisan yang bisa diunggah di sosial media. Pulau Sumba memang masih sulit dijangkau termasuk dalam kecepatan internet dan data. Saya membutuhkan layanan/jasa penyewaan device wifi internet dalam negeri yang bisa membantu misi saya selama di Sumba. Semoga iziroam yang terkenal #gapakedropsinyal mampu mewujudkan mimpi saya.

 

source : https://iziroam.com/blog/20190123144912-207-Mengenal-Beberapa-Hal-Tentang-Penyewaan-Modem-IziRoam

 

Mari #TravelwithIziroam karena saya ingin selalu terhuhung, di mana saja dan kapan saja dengan harga terjangkau agar misi membagikan keindahan Pulau Sumba ke seluruh dunia dapat menjadi nyata!

 

Semoga semakin berjaya pariwisata Indonesia. 

 

 

 

Featured Posts
Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ketika bepergian ke luar negeri, saya selalu membawa Iziroam agar dapat tetap berkomunikasi dan upda..

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Adaaa saja cara orang kaya menghabiskan penghasilannya. Mulai dari membeli kendaraan mewah, barang-b..

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah..

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan..

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar..

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betap..

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Dari 5.300 banyaknya makanan asli Indonesia, ada lho beberapa kuliner kita yang namanya nyeleneh abi..

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur sekolah diperpanjang, ASN dan pegawai swasta DIANJURKANW WFH, kamu yang belum kembali dari mud..

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berdasarkan data yang disampaikan Kemeparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di ..

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah t..

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Pemerintah telah mengumumkan perkiraan puncak arus balik dimulai tanggal 6 hingga tanggal 8 mendatan..

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Sebagian anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun bila sedang aktif-aktifnya,..

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Yang terpenting adalah, perempuan Indonesia bisa membuktikan bahwa pendidikan yang diterima berkat e..

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan tak hanya tentang ibadah puasa dan khusyuk Ramadan semata, tapi identik pula dengan pr..

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, menemukan masjid di Indonesia bukanlah perkara su..

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Banyak orang menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Begitu serunya, acara ngabuburit sering bik..

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Travelling sampai puas dengan budget terbatas memang impian banyak orang. Salah satu caranya adalah ..

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

Memang, sejumlah tradisi hanya bisa kita lihat dan nikmati di hari-hari atau tanggal tertentu saja, ..

Tips Travelling Saat Puasa

Tips Travelling Saat Puasa

Meski terkesan mudah, sebetulnya travelling saat puasa butuh kiat-kiat khusus agar stamina tetap ter..

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

Siap-siap traveling keluar negeri lagi? Berikut 5 negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina.....