5 Fakta Menarik yang Membuat Turki Istimewa

By iziRoam - 2019-10-25 14:34:05
5 Fakta Menarik yang Membuat Turki Istimewa

"Turki merupakan Negara yang mewariskan sejarah mengenai Peradaban Islam di Dunia. Turki termasuk Negara Transkontinental, artinya letak wilayah Negara ini melintasi dua buah benua yaitu Benua Eropa dan Asia. Turki menjadi tempat syurga bagi para Arkeolog dan Sejarawan Dunia. Turki memiliki 10 Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Dan Turki memiliki beberapa kesamaan dengan Indonesia, mulai dari sistem pemerintahan hingga penjamuan minum teh."

Sejak aku kecil, aku sudah menyukai buku, terutama buku yang berisikan kisah-kisah atau cerita. Sampai orangtuaku selalu membawakan minimal 1 buah buku bacaan yang berada didalam tasku. Padahal belum tentu juga akan kubaca atau tidak. Hingga kini, kebiasaan itulah yang kulanjutkan sampai sekarang, walaupun ditengah kesibukan akan kusempatkan membaca walau hanya beberapa lembar saja. Menurutku, Buku dapat melepas penat ditengah kesibukan karena aku dapat menjelajah dan menyelami seribu makna yang terdapat didalamnya. Benar saja kata pepatah, bahwa buku adalah jendela dunia, karena darisanalah kita dapat melalangbuana imajinasi kita dalam memahami isinya. Bahkan Sang Proklamator Kutu Buku kita, yang juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia, Muhammad Hatta, Beliau berkata:
"Aku rela dipenjara asalkan bersama Buku, karena dengan Buku Aku merasa Bebas" (dalam buku Hatta: Jejak yang melampaui Zaman)

Dan dari kegemaranku membaca buku inilah, ketertarikanku terhadap literasi dan dunia sastra muncul. Namun sama sekali belum tertarik dengan Negara Turki, awal mula tertarik itupun karena tidak sengaja kala itu aku diajak oleh temanku untuk menonton film "Ayat-ayat cinta 2" tahun 2017 lalu, sehabis itu aku berdecak kagum akan alur cerita didalam film yang merupakan representasi dari novel karya Habibburahman El-Shirazy ini. Dari kekagumanku inilah yang membuatku penasaran untuk mencari karya lainnya dari beliau hingga aku temukan Buku Api Tauhid, yang didalamnya secara eksplisit kang Abik menyelipkan latar belakang sejarah kondisi sosial hingga beberapa tempat bersejarah di Turki. Dari sanalah, akhirnya aku jatuh cinta dan tertarik untuk mengetahui serta mempelajari segala hal berbau Turki. Memang benar apa perkataan dari Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, yang lebih akrab dipanggil Mba Nana, Beliau berkata:

"Saya Percaya hanya butuh satu buku untuk membuat orang Jatuh Cinta, cari buku itu dan mari jatuh cinta." (dalam wawancara Mbak Nana dengan Kick Andy)

Semenjak itu aku mencari tahu lebih dalam dengan membaca beberapa buku, seperti "Aku mendengarmu, Istanbul" karya Bernando J. Sudjibto juga berdiskusi dengan beberapa kerabatku yang sama-sama menyukai Budaya dan Sejarah Turki. Dari berbagai proses inilah, hingga akhirnya aku menetapkan Negara Turki sebagai Negara yang sangat aku ingin kunjungi. Berikut kubagikan beberapa alasan mengapa kalian juga harus berkunjung ke negara ini, minimal satu kali dalam seumur hidup kalian.

 1.TURKI SEBAGAI WARISAN SEJARAH PERADABAN ISLAM DUNIA

Di tahun 324 Masehi, Negara Turki saat itu tengah berada dibawah Kekaisaran Romawi yang dipimpin oleh Konstantinus I, dimana Kota Byzantium harus berganti nama menjadi Roma Baru (New Rome) dan ditetapkannya Konstantinopel sebagai ibukota dari Byzantium sampai akhir abad Pertengahan. Hingga masuk pada abad Pertengahan, Kekaisaran Romawi berhasil ditaklukan oleh Kesultanan Utsmaniyah atau Kerajaan Ottoman (1299) yang dipimpin oleh Sultan Mehmed II, atau yang kita lebih kenal dengan nama Muhammad Al-Fatih. Semenjak inilah diperkenalkan sistem pemerintahan Islam yang amat panjang, terhitung dari Sultan Selim I, Osman Gazi hingga berakhir dibawah Sultan Mehmed VI pada tahun 1922, yang bila kita hitung sekitar 623 tahun masa pemerintahan Utsmaniyah. Setelah masa ini, sistem Kesultanan dihapuskan dan dibentuklah Sistem Pemerintahan Republik Turki dengan Ankara sebagai ibukota Turki yang baru, semua kebijakan itu tertulis dalam Perjanjian Lausanne dibawah kepemimpinan Mustafa Kemal Atturk. Perubahan Sistem Pemerintahan ini yang membuat Indonesia dengan Turki semakin mirip, selain mayoritas penduduknya Muslim yang bukan dari Bangsa Arab dan memiliki 80ribu lebih Masjid, juga sebagai sesama Negara Republik, 

2.  TURKI SEBAGAI SALAH SATU NEGARA TRANSKONTINENTAL

Negara Turki termasuk sebagai Negara yang melintasi dua benua, yaitu berada dikawasan Eurasia (Europe-Asia), artinya negara yang terletak dikawasan dua benua; asia dan eropa. Wilayah Turki terletak dari Semenanjung Anatolia di Asia hingga Balkan di Eropa Tenggara. Turki juga berbatasan dengan Laut Hitam dibagian Utara, Yunani dibagian barat, Iran dibagian timur dan Laut Mediterania dibagian Selatan. Oleh karena pengaruh letak geografisnya dan termasuk kedalam Dua Benua, yakni Eropa dan Asia, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab Negara Turki mempunyai Empat Musim lho, seperti Negara Jepang maupun Korea. Bila musim dingin, Gunung Ilgaz, selalu menjadi salah satu tujuan favorit akan olahraga Ski karena pemandangannya yang indah. 

3. TURKI MERUPAKAN TEMPAT SYURGA BAGI PARA ARKEOLOG, ARSITEKTUR DAN SEJARAWAN DUNIA

Bagi para arkeolog, arsitektur dan sejarawan dunia, Turki memiliki beberapa tempat peninggalan sejarah di masa lampau yang tersebar di seluruh negeri dan menarik untuk dipelajari. Mulai dari desain interior Masjid Biru Sultanahmed, teater Aspendos, reruntuhan kuil Artemis di Ephesus hingga kota-kota bawah tanah bebatuan yang terdapat di Cappadocia dapat kita temukan di Negara ini. Setelah itu, pergi menaiki balon udara Cappadocia untuk menikmati lansekap pemandangan kota yang penuh gunung bebatuan penuh sejarah dari ketinggian tertentu,Sudah pasti memiliki rasa sensasi tersendiri dan mengunggah adrenalin. Jangan lupa untuk banyak abadikan momen kalian saat berada diatas balon.

4. TURKI MEMILIKI 10 KEKAYAAN WARISAN DUNIA UNESCO

Setidakya ada 10 tempat wisata yang menjadi warisan sejarah dunia yang diakui UNESCO dan tersebar di seluruh penjuru belahan Turki, Dan dari hal inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan dari penjuru belahan dunia untuk berkunjung ke Negara Turki, diantaranya ada Reruntuhan Afrodisias, Kota Kuno Ephesos, Patung Besar Nemrut, Taman Nasional Goreme, Kota Batu Hattusa, Ibukota Istanbul, Benteng Pamukkale Masjid Raya dan Rumah Sakit Divrigi serta Reruntuhan Xanthos-Letoon Troya. Pastikan diri kalian untuk mencatat secara detail pada masa kerajaan apa bangunan ini ditinggalkan, lalu urutkan rentang masa kepemimpinannya maka kamu akan faham bahwa Turki telah melewati banyak peristiwa sejarah yang luar biasa panjangnya.

5. TURKI MEMILIKI KESAMAAN DENGAN INDONESIA

Selain karena penduduk bermayoritas muslim bukan Arab, mempunyai puluhan ribu masjid dan memiliki sistem pemerintahan negara berbentuk Republik, ternyata Turki memiliki beberapa kemiripan dengan Indonesia dari beberapa hal, diantaranya: Indonesia juga termasuk negara transkontinental, karena letak wilayah Indonesia yaitu Kepulauan Maluku yang terletak di kawasan Benua Asia dan Pulau Papua yang masuk kedalam bagian dari Benua Australia. Dan Turki memiliki budaya minum teh (cay) terutama bila ada para pendatang. di Indonesia, khususnya adat Jawa yang selalu menghidangkan Teh hangat untuk memuliakan para tamunya. Pokoknya masih banyak kesamaan lainnya yang bisa kamu temukan di Turki dengan Indonesia, baik budaya, sosial hingga pemandangan sekitar disana yang serupa tapi tak sama ada juga di kota-kota di Indonesia.

Itulah 5 Fakta Menarik yang Membuat Turki Istimewa. Apa kamu jadi merasa tertarik untuk segera berkunjung kesana? Selain berlibur dan berfoto ria, tak ada salahnya kok kamu juga sekalian belajar sejarah dan budaya turki secara langsung. Barangkali nanti selama kamu disana, kamu dapat bertemu dengan jodohmu seperti orang turki yang katanya ganteng, maskulin dan brewokan itu, mirip seperti yang ada di Serial Drama "Elif" lah. Pokoknya, jangan sampai kamu sia-siain deh saat berkunjung ke Turki!

Dan pastikan juga koneksi internetmu selama disana tetap ada, agar kamu bisa tetap berkomunikasi dan panjat sosial terus di sosial media. Biar makin aman, kamu juga bisa pesan wifi portablenya @IZIROAM loh, jaringannya selalu ngebut dan stabil di lebih dari 135 Negara, harganya juga terjangkau ngejaminin kamu banget dari yang namanya baper karena drop sinyal. Selamat berlibur ria~   

#gapakedropsinyal #iziroam #travelwithiziroam #iziroamxnuge #ntf19 #nugeofficial #yourperfectchoice

Featured Posts
Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ketika bepergian ke luar negeri, saya selalu membawa Iziroam agar dapat tetap berkomunikasi dan upda..

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Adaaa saja cara orang kaya menghabiskan penghasilannya. Mulai dari membeli kendaraan mewah, barang-b..

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah..

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan..

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar..

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betap..

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Dari 5.300 banyaknya makanan asli Indonesia, ada lho beberapa kuliner kita yang namanya nyeleneh abi..

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur sekolah diperpanjang, ASN dan pegawai swasta DIANJURKANW WFH, kamu yang belum kembali dari mud..

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berdasarkan data yang disampaikan Kemeparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di ..

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah t..

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Pemerintah telah mengumumkan perkiraan puncak arus balik dimulai tanggal 6 hingga tanggal 8 mendatan..

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Sebagian anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun bila sedang aktif-aktifnya,..

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Yang terpenting adalah, perempuan Indonesia bisa membuktikan bahwa pendidikan yang diterima berkat e..

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan tak hanya tentang ibadah puasa dan khusyuk Ramadan semata, tapi identik pula dengan pr..

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, menemukan masjid di Indonesia bukanlah perkara su..

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Banyak orang menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Begitu serunya, acara ngabuburit sering bik..

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Travelling sampai puas dengan budget terbatas memang impian banyak orang. Salah satu caranya adalah ..

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

Memang, sejumlah tradisi hanya bisa kita lihat dan nikmati di hari-hari atau tanggal tertentu saja, ..

Tips Travelling Saat Puasa

Tips Travelling Saat Puasa

Meski terkesan mudah, sebetulnya travelling saat puasa butuh kiat-kiat khusus agar stamina tetap ter..

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

Siap-siap traveling keluar negeri lagi? Berikut 5 negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina.....