Maldives : Negeri Wisata dengan Sejuta Impian

By iziRoam - 2019-10-24 14:16:25
Maldives : Negeri Wisata dengan Sejuta Impian

Maldives merupakan sebuah negara yang berada di sekitar Srilanka. Bisa dibilang Maldives adalah surganya tempat wisata pantai dan lautan. Pada tahun 2016, Maldives menerima penghargaan sebagai World Leading Beach Destination pada ajang World Travel Awards. Maldives juga dinobatkan sebagai destinasi terbaik bagi para pecinta diving di tahun yang sama.

Berbicara soal negara impian yang ingin dikunjungi, maka saya punya list tersendiri. Saya tertarik dengan budaya disiplin negara Jepang, saya juga kagum dengan meriahnya kultur sepakbola di Inggris. Sayapun tertarik untuk mengunjungi negara paling bahagia di dunia, yaitu Finlandia. Arab Saudi pun juga masuk dalam list negara yang ingin saya kunjungi suatu hari. Namun untuk saat ini, saya justru sedang bermimpi untuk bisa liburan ke Maldives.

Sekitar setahun yang lalu, saya pergi berwisata ke Pulau Seribu. Disana saya mengunjungi Pulau Harapan. Meski hanya 2 hari 1 malam, namun liburan tersebut sangatlah berkesan. Ternyata ada banyak pengalaman menyenangkan yang didapat ketika berlibur ke laut. Mulai dari snorkling, diving, memancing, jelajah pulau, hingga bersantai di pantai.

Pulau Seribu merupakan gugusan pulau yang masuk ke wilayah DKI Jakarta. Keindahan pulau, laut hingga terumbu karangnya sungguh sangat mempesona. Hamparan air laut bewarna biru tosca dengan pasir putihnya benar-benar menenangkan jiwa. Snorkling atau diving disana pun sangat menyenangkan, karena terkenal aman untuk pemula dan ditunjang dengan keselamatan yang mumpuni.

Cukup dua hari saja buat saya untuk memutuskan bahwa saya adalah anak pantai untuk kategori traveler. Semenjak dari sana saya jadi suka mengunjungi pantai-pantai bila sedang mengunjungi sebuah kota. Merasakan hembusan angin, sambil menikmati keindahan laut dan pantai benar-benar menyegarkan jiwa. Hal inilah yang mendorong saya untuk bermimpi berlibur ke tempat wisata laut paling indah di dunia, yaitu Maldives.

Maldives merupakan sebuah negara yang berada di sekiatr Srilanka. Bisa dibilang Maldives adalah surganya tempat wisata pantai dan lautan. Pada tahun 2016, Maldives menerima penghargaan sebagai World Leading Beach Destination pada ajang World Travel Awards. Maldives juga dinobatkan sebagai destinasi terbaik bagi para pecinta diving di tahun yang sama.

Berkaca dari hal itu, tentu saja Maldives merupakan destinasi impian bagi anak pantai seperti saya. Saya bermimpi untuk bisa berlibur kesana kelak. Maldives punya banyak sekali keunggulan pada wisata pantainya. Pada postingan kali ini, saya mungkin hanya menyebutkan tiga terbaiknya saja. Diantaranya adalah :

1.       Penginapannya ada diatas laut

Penginapan ala cottage lazim ditemukan di Maldives. Wisatawan yang berlibur kesana sudah pasti banyak diinapkan di cottage-cottage yang berdiri megah diatas laut. Memang sih ada juga yang menginap di penginapan yang ada di pulau, tapi kebanyakan turis lebih memilih cottage. Cottage model begini belumlah banyak di Indoensia atau negara lainnya. Adapun yang sudah ada saat ini saya kira masih kalah ciamiknya dibanding di Maldives.

Menginap di cottage dengan fasilitas mewah, ditunjang dengan view hamparan laut bewarna hijau tosca tentu akan membuat pengalaman menginap yang berkesan. Belum lagi turis dapat berenang sepuasnya, karena hanya tinggal nyebur saja dari cottage nya. Atau bila ingin mengisi waktu luang dengan aktivitas ringan seperti membaca atau sekedar makan pun pasti akan jauh lebih menyenangkan bila dilakukan disana.

 

2.       Keindahan alamnya the best

Keindahan alam di Maldives tidak perlu dipertanyakan lagi. Baik pantai, pasir, atau alam bawah lautnya sangatlah mengesankan. Terumbu karang yang ada disana sangatlah mempesona bagi para pecinta snorkling ataupun diving. Air lautnya yang bersih dan bewarna biru, semakin  menambah kesan intim di dalamnya.

Pulau-pulau yang ada di Maldives sangatlah alami. Pasir pantainya putih dan menjadi objek wisata yang hits di kalangan wisatawan. Alam bawah lautnya masih dipenuhi oleh ikan-ikan dan penyu laut. Banyak lokasi snorkling disana yang berisikan kerang, penyu dan ikan yang cantik-cantik.

Pada malam hari bila cuaca sedang bagus, kamu juga bisa melihat milky way dengan sejuta keindahannya. Keindahan alam yang ada di Maldives adalah saya tarik utama pariwisata disana.

 

3.       Bebas polusi

Salah satu hal terbaik yang bisa kamu temukan di Maldives adalah negara ini sangatlah bebas polusi, baik di pulaunya, pantainya ataupun lautnya. Hal ini cukuplah mengejutkan, karena banyak negara pariwisata lain yang kesulitan dalam mengatasi masalah sampah/polusi.

Maldives bebas polusi karena lingkungannya jauh dari industri dan tidak adanya kendaraan bermotor disana. Bagi saya inilah poin penting sebuah tempat wisata idaman. Karena tujuan berwisata adalah untuk menyegarkan raga dan pikiran. Makanya berwisata ke tempat yang bebas polusi tentu akan menyenangkan.

Sebagai sebuah negara, Maldives juga punya berbagai keunikan dan kaya akan budaya. Penduduk Maldives sebagian besar beragama muslim dan bermatapencaharian nelayan. Setiap tahunnya penduduk disana merayakan berbagai festival besar. Bahasa yang dibunakan di Maldives adalah bahasa Divehi. Tapi, berhubung Maldives banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional, sebagian penduduknya juga mahir berbahasa inggris.

Mata uang negara Maldives adalah Rufiyaa. Cukup familiar bukan? Jelas saja, soalnya ejaannya mirip seperi mata uang Indonesia. 1 Rufiyaa sendiri bila dikonversi ke rupiah adalah sebesar 900an rupiah. Maldives beribu kota di Male. Kota ini tidak terlalu luas dan bisa dikeliling hanya dengan berjalan kaki. Secara umum, penduduk maldives cukup ramah. Banyak yang mengatakan keramahan penduduknya mirip dengan penduduk di Indonesia.

Makanya ada kedekatan tersendiri antara Maldives dengan Indonesia. Kebudayaan dan kuliner yang ada disana pun mirip-mirip dengan Indonesia. Mari kita kupas satu per satu.

1.       Kebudayaan

Secara geografi Maldives berada di antara India dan Afrika. Makanya kebudayaan disana banyak terinspirasi dari dua negeri tersebut. Bila melihat seni musik dan seni tari di Maldives maka kamu akan menemukan unsur india dan Afrika di dalamnya. Namun secara keseluruhan kebudayaan di Maldives dipengaruhi oleh budaya islam dengan sedikit campuran budha di dalamnya.

Baik mesjid dan perahu-perahu disana dibuat dengan memasukkan sedikit unsur budha pada desainnya. Untuk aliran kepercayaan sendiri didominasi oleh islam, namun penduduk lokal masih percaya dengan mitos-mitos atau cerita takhayul. Setiap hari besar islam masyarakat akan mengadakan festival-festival besar setiap tahunnya.

2.       Kulineran

Selain keindahan alamnya, Maldives juga terkenal dengan wisata kulinernya. Makanan khas yang ada disana cukup terkenal dikalangan wisatawan internasional seperti nasi briyani, bajiya, garudiya, gulha, huni roshi dan mas huni.

Diantara makanan diatas saya tertarik untuk mencoba mas huni, huni roshi, dan briyani. Mas huni merupakan makanan khas Maldives yang terbuat dari campuran kelapa dan ikan tuna.  Makanan ini cocok untuk menjadi santapan makan siang karena tidak terlalu berat.

Untuk huni roshi sendiri merupakan makahan khas Maldives yang mirip kebab. Bila kamu ke Maldives, maka kamu wajib mencicipinya. Huni roshi merupakan makanan pelengkpnya mas huni. Briyani sendiri merupakan nasi dengan lauk ayam. Makanan ini terkenal enak, karena bumbu yang dipakai langsung dari alam Maldives, jadi cita rasanya sangatlah kuat dan khas.

Nah begitulah alasan-alasan mengapa Maldives menjadi negara impian saya. Ada banyak unsur penariknya, seperti alamnya, kebudayaannya, penduduknya hingga makanannya. Maldives juga cocok dijadikan tempat honeymoon bagi para pasangan yang baru menikah. Hal ini cocok banget buat saya yang baru saja menikah. Saya pun berencana untuk ke Maldives suatu hari nanti.

Untuk dua orang minimal saya harus punya uang 30 juta untuk seluruh kebutuhan disana. Uang liburan sebesar itu tentulah cukup berat bagi karyawan swasta seperti saya. Makanya saya harus pintar-pintar memanage uang sekaligus mencari tambahan penghasilan lain. Saya menargetkan bisa ke Maldives maksimal satu tahun dari sekarang. Untuk mencapainya, maka saya lakukanlah tips dibawah ini :

1.       Menabung rutin dari gaji

Meskipun nilainya tidak besar, tapi setiap gajian langsung saya sisihkan sebagian untuk modal ke Maldives. Modal inilah yang akan membantu saya dalam meningkatkan kinerja ketika bekerja sehingga bisa mendapat insentif atau bonus lain dari pekerjaan.

2.       Cari tiket promo

Biasanya perjalanan keluar negeri memakan biaya mahal untuk tiket pesawatnya. Nah saya pun hampir setiap hari mengecek promo-promo tiket dari agensi-agensi travel dan perjalanan yang ada. Dengan tiket promo, biaya perjalanan akan jauh berkurang. Teman saya pernah mendapat tiket PP ke eropa dengan harga miring karena mendapat promo. Melihat hal itu saya jadi semakin bersemangat untuk mendapatkannya juga.

3.       Menangi lomba blog sebanyak-banyaknya

Selain bekerja sebagai karyawan swasta, saya juga seorang blogger. Salah satu pendapatan dari seorang blogger adalah dengan memenangi lomba blog. Lomba blog sendiri biasanya berhadiah uang jutaan rupiah. Dalam sebulan cukup banyak lomba blog yang tersedia. Andai saya bisa memenangi lomba blog minimal satu kali dalam sebulan, tentu dalam setahun saya bisa berangkat ke Maldives dengan lancar dan bebas hambatan.

Itulah cara-cara yang saya lakukan untuk bisa ke negara impaian dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Semoga kamu-kamu yang bermimpi ke negara impian bisa segera tercapai dalam waktu dekat ya.

#gapakedropsinyal #iziroam #TravelwithIziroam

Featured Posts
Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ketika bepergian ke luar negeri, saya selalu membawa Iziroam agar dapat tetap berkomunikasi dan upda..

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Adaaa saja cara orang kaya menghabiskan penghasilannya. Mulai dari membeli kendaraan mewah, barang-b..

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah..

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan..

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar..

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betap..

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Dari 5.300 banyaknya makanan asli Indonesia, ada lho beberapa kuliner kita yang namanya nyeleneh abi..

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur sekolah diperpanjang, ASN dan pegawai swasta DIANJURKANW WFH, kamu yang belum kembali dari mud..

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berdasarkan data yang disampaikan Kemeparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di ..

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah t..

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Pemerintah telah mengumumkan perkiraan puncak arus balik dimulai tanggal 6 hingga tanggal 8 mendatan..

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Sebagian anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun bila sedang aktif-aktifnya,..

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Yang terpenting adalah, perempuan Indonesia bisa membuktikan bahwa pendidikan yang diterima berkat e..

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan tak hanya tentang ibadah puasa dan khusyuk Ramadan semata, tapi identik pula dengan pr..

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, menemukan masjid di Indonesia bukanlah perkara su..

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Banyak orang menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Begitu serunya, acara ngabuburit sering bik..

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Travelling sampai puas dengan budget terbatas memang impian banyak orang. Salah satu caranya adalah ..

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

Memang, sejumlah tradisi hanya bisa kita lihat dan nikmati di hari-hari atau tanggal tertentu saja, ..

Tips Travelling Saat Puasa

Tips Travelling Saat Puasa

Meski terkesan mudah, sebetulnya travelling saat puasa butuh kiat-kiat khusus agar stamina tetap ter..

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

Siap-siap traveling keluar negeri lagi? Berikut 5 negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina.....