Targetkan Liburan Ketemu Salju, Ini dia Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Iziroam | 16 Sep 2019

Keajaiban Tuhan di Papua

Sudah tau tidak, bahwa Tuhan menunjukkan sebuah keajaiban di wilayah Timur Indonesia?

Ya, di Papua, kita bisa mendapati salju bahkan es abadi yang diperkirakan sudah ada sejak lama. Lokasi bersalju ini tepatnya di sekitar puncak Carstensz. Sebuah puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl dan berlokasi di pegunungan tengah, Papua. 

Untuk bisa menikmati keajaiban ini, setiap traveller harus mendaki terlebih dahulu hingga tiba di basecamp danau lalu berjalan kaki sekitar 2 jam melewati bebatuan yang curam. Usai tiba di puncak pun, traveller harus ekstra hati-hati agar tidak tergelincir karena jalanan yang licin.

Sebagai daerah tropis, kehadiran salju adalah salah satu hal yang sulit untuk ditemukan di bumi pertiwi. Namun, kita bisa menemukannya di Papua. Tidak heran jika banyak orang yang sepakat mengatakan hal tersebut adalah sebuah keajaiban yang telah Tuhan titipkan di Papua. 

Tantangan Menuju Puncak Carstensz

Sebagaimana menuju puncak pegunungan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Meski ada yang menyukai, beberapa perempuan menolak untuk melakukan hal ini karena dianggap berbahaya begitupun dengan kaum adam. 

Bukan hal yang mudah Karena untuk berada di ketinggian tersebut, badan harus dalam kondisi terbaik, tim yang berangkat juga harus bisa dipercaya dan solid. Karena di perjalanan menuju dan turun dari puncak, ada banyak hal yang mungkin terjadi. 

Orang-orang yang kental dengan jiwa petualang akan sangat tertantang untuk menaklukkan puncak ini karena ada banyak hal didapat. Sebaliknya, mereka yang tak suka akan menolak karena perjalanan yang cukup menantang dan tau diri dengan kondisi serta kemampuan diri sendiri. 

Dibanding memaksakan diri ke puncak Carstensz, bertemu dengan salju dengan cara berbeda akan menjadi opsi yang layak dipertimbangkan. Salah satunya adalah mengunjungi negara yang memiliki musim salju. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Berlibur di Musim Salju

Sebagai warga yang datang dari negara tropis menuju sebuah negara dengan suhu yang rendah, keamanan diri perlu menjadi perhatian. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari jauh jauh hari bahkan sebelum keberangkatan. Apa saja?

1. Pakaian

Pakaian adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan saat berencana mengunjungi negara bersalju. Pakaian tebal seperti jaket, dan tertutup pada umumnya pilihan yang tepat untuk dikenakan. 

Termasuk juga topi dengan berbagai pilihan seperti Beanie atau bobble hat, Floppy knits hat buat kamu yang tetap ingin tampil gaya, atau bisa juga menggunakan Wool cap. Jangan lupa untuk menyiapkan kaus kaki, syal rajut juga sarung tangan termasuk sepatu. Pastikan semua pakaian yang dibawa nyaman untuk dikenakan. 

2. Kesehatan fisik

Memasuki cuaca yang belum pernah dihadapi sebelumnya seru-seru menakutkan. Seru karena ini akan menjadi pengalaman yang baru, menakutkan jika kesehatan yang tidak terjaga.

Beberapa hal yang mungkin saja bisa terjadi saat tubuh tidak bisa beradaptasi dengan suhu rendah yaitu: gemetar, hipotermia, sakit kepala. Bahkan untuk kasus terjadinya Polar Vortex yang melanda Amerika Serikat beberapa waktu lalu, bisa menyebabkan terjadinya radang dingin pada manusia sampai terjadinya windburn. 

Untuk itu, persiapkan diri jauh-jauh hari sebelum berangkat. Berolahragalah, jaga pola makan dan cek kesehatan agar perjalanan terasa lebih menyenangkan.

3. Tempat tinggal

Pastikan tempat tinggal yang akan kamu tempati memiliki penghangat ruangan. Sebagai negara yang memiliki musim dingin, biasanya penghangat ruangan adalah hal yang tidak pernah absen di setiap tempat tinggal.

4. Makanan

Meski menemukan makanan adalah hal yang terasa sangat mudah untuk dilakukan, nyatanya susah sekali menemukan makanan yang cocok dengan lidah sendiri lho. Banyak sih yang jualan makanan, tapi rasanya ngga ada yang pas. .

Pada umumnya di cuaca dingin kalori akan lebih cepat terbakar yang membuat kita lebih cepat lapar. Untuk itu, sebaiknya sebelum memilih negara bersalju untuk dikunjungi, mulailah mencari beberapa makanan yang dapat dikonsumsi selama di sana sekaligus memiliki rasa yang sesuai dengan yang biasa dimakan. 

Caranya gimana?

Mudah saja. Pergilah ke restoran yang menyakikan makanan sejenis. Kalau merasa terlalu mahal, berkresasi dan buat sendiri dengan mengikuti resep yang banyak bertebaran di google pencarian. Upayakanlah membuat semirip mungkin agar saat merasakan makanan yang asli, kamu telah memiliki gambaran rasa makanan yang sesungguhnya.