Iziroam | 24 July 2019 (update 12 August 2019) | Travel Tips & Tricks

Liburan Keluar Negeri Ala Sultan dengan Gaji Pas-pasan

Masih berbicara tentang akhir bulan yang tak kunjung berakhir ini. Pusing euy kerjaan ngga ada habisnya. Pengennn banget rasanya liburan. Tapi gaji masih jauh dari jangkauan. 

Sabar, tenang dan hadapi dengan kepala dingin. Tak peduli seberat apa akhir bulanmu, syukuri! Ada banyak orang di luar sana yang saat ini ingin sekali ada di posisimu. Tidur tanpa atap, makan sekali sehari. Masa kamu yang cuma ngga bisa liburan doang jadi galau setengah mati? 

Sudah-sudah. Segera rencakanan liburan kamu untuk bulan depan saja. 

Kecepetan keleus, belum sempet nabung!

Santuyy, mimin juga rakyat jelata dengan perasaan yang sama. Berliburnya keluar negeri berasa sultan modalnya gaji pas-pasan. Gimana caranya?

1. Pastikan Kelancaran Liburan dengan IziRoam di Tangan

Sebelum keluar negeri, pastikan H-2 sebelum penerbangan modem WiFi IziRoam sudah di tangan. Ini penting untuk kelancaran komunikasi dengan orang-orang terkasih yang ditinggal di ibu pertiwi. 

Tulis nama temen, gebetan, kakak, adek, orang tua di kertas dengan tambahan "Suatu saat kita akan ke sini bareng". Kamu bisa sengaja video call dengan temen terjulid buat ngasih tau posisi kamu lagi di luar negeri. Kamu juga bisa foto gegayaan sampai kaki pegel, gigi kering. Post sepuas puasnya di media sosial kamu. Jangan lupa untuk selalu check in tempat di setiap post kamu. Tenang, kuota unlimited modem wifi IziRoam, harganya yang murah serta, koneksi 4G yang stabil bikin kamu bisa jadi rakyat jelata rasa Sultan untuk sementara waktu. 

Gaya aja dulu serasa Sultan, walaupun selama liburan dompet rada sakit-sakitan.

2. Berburu Tiket Pesawat Murah

Ini jangan sampai lepas. Kalau niatmu untuk liburan keluar negeri memang tinggi sekali, maka jangan malas! Jangan malas untuk berburu tiket pesawat murah, jangan mals untuk mencari informasi, termasuk jangan malas untuk baca artikel ini sampai habis ya. Kan mau jadi Sultan beberapa hari di Sosial Media. Ketika yang lain pusing mikirin mau ngutang kemana, kamu malah enak-enakan bisa liburan.

Buat tambahan lagi kalau memang apes selalu kehabisan tiket pesawat murah, kamu bisa manfaatkan promo dari kartu kredit, lho!

3. Hindari Liburan di High Season

Say, kan budgetnya pas-pasan nih. Kalau mau libur manfaatkan cuti, sebisa mungkin hindari liburan saat high season. Siap siap kandang kantong kalau berangkatnya di musim liburan. 

4. Batasi Barang Bawaan

Kamu juga perlu memikirkan tentang bagasi. Hindari membawa barang-barang tak perlu, bawa saja yang dirasa sangat sangat dibutuhkan dan akan terpakai selama berlibur. Pakaian yang ringan, nyaman dan membuat penampilanmu tetap apik.  Obat-obatan, kebutuhan make up untuk wanita juga kebutuhan mandi.

Kamukan mau liburan, bukan mau pindahan. Selain meringankan beban selama di perjalanan, pemilihan barang bawaan yang tepat juga akan membuatmu terhindar dari biaya bagasi tambahan. 

5. Pilih Obyek Wisata Gratis

 Foto bisa rasa Sultan, tetap eksekusi liburan sesuai kenyataan. 

Carilah destinasi atau obyek wisata setempat yang gratis. Banyak kok destinasi bagus tanpa harus bayar. Untuk itu, jangan terlalu malas baca. Upayakan mencari tahu tempat-tempat apik yang gratis sebelum berangkat. Selain agar perjalanan kamu lebih pasti dan terjadwal, kamu juga akan terhindar dari kebingungan setelah landing di negara tujuan. 

6. Menginap di Penginapan Terjangkau

Silahkan mencari tempat penginapan yang murah meriah, manfaatkan pula diskon yang tersedia di website hotel atau travel agent online lainnya. 

7. Manfaatkan Transportasi Umum

Ini juga penting. Selain kamu akan berkenalan dengan transportasi di negara setempat, kamu akan memiliki pengetahuan yang baru untuk bisa diceritakan kepada orang lain yang mungkin akan berangkat ke negara yang sama dikemudian hari. 

Jangan terlalu memanfaatkan taksi atau kendaraan online selama masih ada kendaraan umum yang harganya lebih terjangkau. 

8. Berburu Food Street

Travelling dan kulineran memang tidak bisa dipisahkan. Alih-alih ke restoran kelas kakap, kamu bisa lho mengunjungi food street terkemuka di negara setempat. Kamu bisa makan banyak tanpa perlu memikirkan pajak, dan pilihannya biasanya jauh lebih banyak. 

9. Abaikan "Nitip Oleh-oleh yaaa"

 Dan ya satu lagi yang paling penting. Untuk bisa travelling, kamu harus nabung dari jauh-jauh hari. Menahan lapar, haus, menahan selera untuk tidak membeli sesuatu yang sangat diinginkan demi bisa travelling. Untuk itu, saat ada kesempatan untuk travelling, nikmatilah tanpa perlu terbebani dengan titipan oleh-oleh temanmu. 

Bukan tidak bisa, hanya, jika memang kamu merasa titipan mereka terlalu berlebihan atau terlalu spesifik, beranilah menolak. Bagaimanapun, waktu berliburmu akan tersita untuk sesuatu yang mungkin tidak akan kamu temukan atau setelah dibelanjakan, malah dibatalkan oleh si pemesan. Fiuhhh.