5 Slogan Penting Di Jepang untuk Mewujudkan Budaya Bersih

Iziroam | 16 Jan 2018

           

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki budaya dispilin yang sangat tinggi, bukan hanya urusan waktu dan budaya, Jepang juga menjunjung tinggi tentang kebersihan. Itu sebabnya saat berkunjung ke Jepang, di setiap sudut jalan, wisatawan akan disajikan pemandangan jalanan yang bersih.

Kebersihan ini bukan pula hanya terdapat di jalanan utama negara Jepang, berlangsung juga hingga tempat-tempat umum yang sering dikunjungi banyak orang, seperti restoran bahkan di rumah masing-masing masyarakatnya.

Di restoran misalnya, pengunjung yang berniat untuk menghabiskan waktu di sebuah restoran dengan model duduk “lesehan” sebagaimana yang marak ditemukan di Jepang, pengunjung diwajibkan untuk melepaskan sepatu dan cukup hanya mengenakan kaus kaki saja. Bagi masyarakat Jepang, sepatu merupakan sesuatu yang harus dilepaskan saat berada dalam suatu ruangan karena dianggap benda kotor yang telah bersentuhan dengan tanah sepanjang hari. Jika sedang bertamu ke rumah orang lain, biasanya untuk tamu disediakan sandal yang dapat digunakan selama beraktifitas di rumah.

Kebiasaan kecil perihal kebersihan yang berawal dari lingkungan kecil inilah yang kemudian menjalar menjadi keharusan saat berada di luar. Kebersihan bukan hanya tentang diri sendiri, namun juga tentang segala sesuatu yang berada di sekelilingnya dan menjadi bagian dari kehidupan.

Kebersihan hanya akan bisa diterapkan dengan bergotong royong dan hadirnya kesadaran dari masing-masing individu yang berada di seputaran kawasan yang bersangkutan. Akan menjadi suatu hal yang sia-sia bagi beberapa orang yang berupaya untuk menjaga kebersihan namun orang lain dengan semena-mena melakukan hal yang berlawanan.

Saat berada di Jepang, perhatikan saja bagaimana susahnya di sana untuk menemukan tong sampah namun di waktu yang bersamaan tidak terdapat sampah sepanjang perjalanan. Hal ini tak luput dari campur tangan orang tua yang memberikan didikan kepada anak-anak di Jepang agar sampah selalu dibawa kembali ke rumah. Bahwa sampah tidak bisa dibuang disembarang tempat. Ini juga yang menyebabkan orang yang membuang sampah di negeri Sakura akan tampak layaknya “Alien sungguhan”.

Usut punya usut, Jepang memiliki 5 (lima) slogan yang untuk masalah kebersihan. Selain kepada seluruh warga dewasa, slogan ini juga disampaikan kepada anak-anak dengan harapan melekat dan menjadi budaya.

1.       Seiri (Sort)

Seiri berarti membuang sampah atau benda-benda yang tak lagi dibutuhkan. Dengan demikian, benda-benda tersebut tidak menumpuk dan memberikan pemandangan yang tidak mengenakkan atau malah berakhir jadi sampah

2.       Seiton (Set in Order)

Slogan ini bermakna mengembalikan segala benda yang digunakan sebelumnya ke tempat semula. Hal seperti ini sebenarnya sering dilakukan seolah tanpa disadari karena telah menjadi budaya, seperti merapikan kamar yang sebelumnya berantakan.

3.       Seisou (Cleaning)

Kebersihan merupakan makna dari slogan ini. Seisou tak hanya diterapkan di sekolah yang harus dijalankan oleh anak-anak, Seisou juga wajib dilakukan oleh mereka yang bekerja. Seisou dilakukan secara bertahap dengan cara membersihkan AC, mengelap kaca, mengibas-ibaskan debu, mengepel lantai, vacuum lantai, membuka rolling door, menyapu halaman, menggunting dahan pohon yang mengganggu, membuang sampah, serta membersihkan wc. Semua pekerja melakukannya sesuati jadwalnya masing-masing tanpa terkecuali.

4.       Seiketsu (Maintain Cleanliness)

Seiketsu berarti mengontrol ketiga langkah sebelumnya agar dilakukan dengan baik tanpa ada yang tertinggal sedikitpun. Dengan demikian, kebersihan suatu ruangan dapat dijaga secara terus menerus

5.       Shitsuke (Dicipline)

Shitsuke berarti melakukan dengan benar aturan-aturan yang disediakan. Pekerja akan memberikan arahan kepada anak-anaknya tentang kelima slogan tersebut. Anak-anak juga akan mendapatkan arahan yang sama dari para gurunya di sekolah.

Mengingatkan kepada anak-anak masalah kebersihan seperti ini secara rutin lambat laun akan menjadi gaya hidup dan menjadi kebiasaan yang tak dapat dirubah.

Tertarik untuk melihat langsung bagaimana tradisi kebersihan yang berlangsung di Jepang? Siapkan tabungan dan seluruh peralatan travellingmu dan bersiaplah untuk berpetualang di Negeri Sakura yang memesona sekaligus bersih luar biasa.

 

Abadikan seluruh perjalanan liburanmu bersama dengan Iziroam yang menyediakan rental wifi Jepang sebelum berangkat ke sana. Dengan rental modem Jepang, seluruh informasi terkait perjalanan di Jepang akan menjadi perjalanan menakjubkan yang dapat dibagikan kepada orang-orang terkasih yang belum memiliki kesempatan menikmati perjalanan yang sama.