Ilustrasi berkendara sambil mendengar musik | Sumber foto: diana.grytsku via Freepik

Tips Agar Nyaman Saat Bepergian Keluar Kota

Izi Roam | 23 Mar 2022

Ikuti tips agar nyaman saat bepergian keluar kota di bawah ini...

Bepergian keluar kota memang menyenangkan, apalagi bila tujuannya untuk liburan. Sama seperti liburan pada umumya, butuh berbagai persiapan agar nyaman saat bepergian. Terutama bila perjalanan mengandalkan kendaraan pribadi dan diri sendiri sebagai pengemudi.

Ikuti tips agar perjalanan lebih nyaman saat bepergian keluar kota di bawah ini:

1. Perhatikan kesehatan tubuh

Perjalanan panjang membutuhkan banyak kesiapan. Yang paling utama adalah kesehatan tubuh. Pastikan kesehatanmu berada dalam kondisi maksimal, jangan lupa juga untuk menjaga pola tidur karena ini akan sangat memengaruhi keselamatanmu selama di perjalanan. Hindari mengantuk agar tak membahayakan diri sendiri, penumpang serta pengendara lain.

Sebisa mungkin, tidak mengonsumsi alkohol sebelum menghadapi perjalanan jauh, ya. Ketahui pula titik-titik lokasi istirahat di perjalanan agar bisa kamu singgahi untuk mengusir kantuk bila tiba-tiba datang.

2. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Selain kesehatan pribadi, kondisi mobil juga harus ada di posisi paling prima. Perhatikan rem, gas, oli, aki, bahan bakar, wiper, seat bealt, AC, klakson dan seluruh komponen mobil bisa berfungsi dengan baik.

Segera lakukan perbaikan bila ada komponen yang rusak atau tidak berfungsi maksimal. Sebaiknya lakukan pengecekan 2-3 hari sebelum keberangkatan sehingga kamu memiliki waktu yang lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan bila ditemukan kerusakan.

Kamu juga bisa mengatur kondisi mobil agar lebih segar dengan terlebih dahulu bersih-bersih interior mobil, pasang pewangi kesukaan agar kamu lebih nyaman selama di perjalanan. Hindari menggatung pewangi dengan aroma sembarang yang bisa saja membuatmu mabuk karena tidak sesuai dengan aroma wewangian tersebut.

Rekomendasi aroma parfum mobil sih biasanya aroma kopi, namun balik lagi ke selera kamu masing-masing. Selama kamu suka, pastikan pakai itu saja.

3. Packing minimal 2 hari sebelum keberangkatan

Sama seperti pengecekan mobil, sebaiknya kamu juga melakukan packing 2-3 hari sebelum perjalanan dimulai. Ini dilakukan agar kamu bisa fokus ke kendaraan dan kepenting lain yang berkaitan dengan perjalanan.

Perhatikan pakaian ganti, obat-obatan pribadi, peralatan mandi, dan keperluan pribadi lainnya. Jangan lupa juga koneksi internet demi kelancaran pencarian informasi dan komunikasi. Kamu bisa melakukan pemesanan travel wifi IziRoam sebelum, atau beberapa jam sebelum keberangkatan.

Tersedia beberapa opsi kuota, dan kecepatan pengiriman sangat jempolan. Kamu juga bisa datang langsung ke kantor untuk melakukan pemesanan sekaligus mendapatkan arahan bagaimana cara penggunaan. Pesan travel wifimu di IziRoam!

Jangan ketinggalan cemilan-cemilan yang mungkin akan kamu butuhka saat di tempat tujuan.

4. Siapkan makanan secukupnya

Kamu juga mungkin akan membutuhkan cemilan selama perjalanan. Siapkan cemilai favorite kamu, dan susun di wadah yang mudah di buka dan ditutup agar tak merepotkanmu saat ingin mengambilnya.

Pilihlah cemilan yang bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu mengupas lebih dahulu, selain kamu harus memberi perhatian pada proses pengupasan cemilan, aktivitas sepele ini juga berpotensi membahayakan  perjalanan.

5. Siapkan playlist favorite

Ini juga hal remeh tapi memiliki banyak manfaat. Faktanya, mendengarkan lagu favorite bisa memberikan konsentrasi lebih pada seseorang.

Kamu juga bisa menyiapkan deretan playlist yang bikin aktifitas mengemudimu jauh lebih menyenangkan. Hindari mendengarkan lagu-lagu galau, sedih dan yang berkaitan dengan suasana hati sedih dan membuatmu memikirkan hal-hal yang tak kamu suka. Sebaliknya, buatlah playlist dengan nuansa bahagia, semangat, powerfull.

Itu dia beberapa tips agar kamu lebih nyaman saat bepergian keluar kota.