Ilustrasi pencopet saat travelling | Sumber foto: Freepik

Tips Travelling dengan Aman

Izi Roam | 24 Feb 2022

Travelling kini seperti menjadi bagian dari gaya hidup, menyenangkan hingga menjadi ladang penghasilan. Namun sayang, ada poin yang sering terlupakan saat travelling, yakni aspek keamanan. Ketahui tips travelling aman ala IziRoam...

Travelling menjadi salah satu kegiatan yang tak bisa dilepaskan dan telah menjadi bagian dari gaya hidup. Terasa menyenangkan, menenangkan, dan untuk beberapa orang, travelling bahkan membuka jalan menjadi sumber penghasilan.

Sayangnya, ada poin yang sering terlupakan saat travelling, yaitu aspek keamanan. Agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan, kenali tips-tips travelling dengan aman dari IziRoam seperti berikut ini:

1. Survei destinasi tujuan

Survei destinasi tujuan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Cari tahu tempat-tempat yang aman dan nyaman untuk dikunjungi, terutama bagi solo traveller, cari tahu juga estimasi waktu yang dibutuhkan dari tempat penginapan hingga destinasi tujuan.

Survei sebelum melakukan perjalanan juga akan sangat membantumu mengetahui titik-titik lokasi untuk mendapatkan bantuan dengan cepat seperti kantor polisi, rumah sakit hingga ATM.

2. Memberi kabar perjalanan pada orang terdekat

Usai mengetahui detail destinasi yang akan dikunjungi, jangan lupa untuk memberikan informasi perjalananmu kepada orang-orang terdekat terutama keluarga.

Memberikan kabar seputar perjalanan bagi sebagian orang mungkin akan terasa merepotkan, tapi lihat sisi baiknya, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, keluargamu akan tahu mengambil langkah bagaimana cara membantumu. Termasuk bila harus datang ke lokasi tujuan.

Kebayang ngga kalau kamu kecelakaan tapi orangtuamu bahkan tidakn tahu dimana posisimu? Bagaimana mau membantu? Jangan sepelekan memberi kabar, ya.

3. Memisahkan Dokumen penting, uang tunai dengan barang bawaan lainnya

Hindari menyimpan dompet dan dokumen pribadi di dalam tas yang sama tempat di mana barang-barang bawaanmu disimpan. Hal ini akan sangat merepotkan bila ada oknum-oknum tak bertanggungjawab yang mengambil barang-barang pribadimu, maka kamu akan kehilangan semuanya secara bersamaan.

Sebaiknya, gunakan tas terpisah seperti waist bag untuk menyimpang barang-barang berharga termasuk uang tunai dan dokumen pribadi. Kamu dapat menempatkan tas tersebut tepat di bagian area depan tubuh, dengan begitu kamu punya kontrol dan perhatian penuh terhadap tas. Orang-orang yang berniat jahat juga akan semakin kesulitan untuk melakukan aksinya.

4. Waspada terhadap kejahatan

Bila kamu melakukan perjalanan ke Eropa, kamu akan bertemu dengan berbagai jenis kejahatan dengan modus yang berbeda seperti menawarkan kamu jasa semir sepatu, menawarkan jasa foto, menawarkan bunga mawar untuk kamu beli tentu dengan harga yang tinggi, hingga berpura-pura tertarik denganmu.

Sebetulnya, kejahatan terjadi di berbagai destinasi, kamu hanya perlu waspada dengan semua kemungkinan termasuk tidak mudah percaya pada orang lain. Bila memungkinkan, tetaplah berada di lingkup yang sama dengan tim seperjalanan agar kamu dan timmu bisa saling melindungi satu sama lain.

5. Menerapkan protokol kesehatan

Sebagaimana yang masih terus terjadi hingga saat ini, pandemi Covid-19 masih terus melanda. Meski pintu travelling dibuka, pastikan kamu wisata di Indonesia aja dan menikmati keindahan yang ditawarkan alam ibu pertiwi. Jangan lupa, terus terapkan protokol kesehatan 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) jangan lupa juga menerapkan praktik tracing, testing, dan treatmen (pelacakan, pengujian dan perawatan).

6. Membawa obat-obatan pribadi

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi. Kesehatan kamu adalah tanggungjawabmu.

Bagi kamu yang menderita penyakit khusus, pastikan membawa obat-obatan pribadi ya, apalagi kalau tujuan kamu outdoor dan treknya cukup menantang. Kamu mungkin akan membutuhkannya dalam kondisi tertentu.

Disadari atau tidak, membawa obat-obatan pribadi juga membantu teman-temanmu yang ikut travelling, lho. Bila sesuatu terjadi padamu dan posisi sedang berjauhan dari rumah sakit, kamu bisa lekas mendapatkan pertolongan pertama dan teman-temanmu tidak perlu panik mencari rumah sakit. Cukup dengan memberikan obat-obatan yang sudah kamu siapkan.

7. Tetap terkoneksi

Kemanapun perjalananmu, pastikan selalu mendapatkan koneksi internet yang stabil untuk mencari berbagai informasi termasuk meminta pertolongan dengan menghubungi seseorang. Bawa selalu travel wifi IziRoam dalam tiap perjalananmu agar pengalaman liburanmu terasa lebih menyenangkan.

Itu dia sederet tips travelling aman dari IziRoam. Sudah ada rencana trip menyambut weekend ini, Iziers?