Monyet di Snow Monkey Park | Sumber foto: tirachard via Freepik

Melihat Aksi Lucu Monyet Berendam Di “Lembah Neraka” Jepang

Izi Roam | 22 Feb 2022

Dapatkan pengalaman seru melihat monyet berendam di air panas di "lembah neraka" Jepang...

Apa yang terlintas di benakmu ketika membaca judul di atas?

Eits, tunggu dulu. Ngga usah langsung marah-marah, ngga usah pula langsung menuduh IziRoam click bait.

Tapi memang di salah satu daerah pegunungan di Jepang terdapat lembah neraka. Tempat ini disebut lembah neraka karena di wilayah itu terdapat sumber air panas yang memancar.

Uniknya, di tempat yang diberi nama  “Lembah Neraka” tersebut, terdapat kawanan monyet yang tak hanya menghuni tempat itu, tapi juga mandi dan berendam di sana.

Lho, kok bisa?

Jigokudani si Lembah Neraka

Di Jepang, terdapat sebuah kota yang bernama Yamanouchi lokasinya berada di tengah Taman Nasional Joshin’etsu-Kogen.

Kota ini dianugerahi keindahan alam yang melimpah seperti gunung-gunung dengan tinggi lebih dari dari 2.000 meter di atas permukaan laut, dataran tinggi hingga sumber air panas.

Banyaknya keindahan alam di tempat ini membuat Yamanouchi memiliki daya tarik yang dimanfaatkan menjadi sumber wisata. Saking banyaknya daya tarik yang dimiliki, Yamanouchi kemudian dibagi menjadi beberapa area wisata untuk mempermudah wisatawan mengeksplore lokasi. Area wisata tersebut adalah:

  • Dataran Tinggi Shiga
  • Dataran Tinggi Kita-Shiga
  • Area mata air panas Yadanaka Shibu
  • Jigokudani Yaen-Koen

Di Jigokudani Yaen-Koen inilah lembah neraka tersebut berada. Dalam bahasa Jepang, Jigokudani diartikan sebagai lembah neraka. Istilah ini disematkan karena melimpahnya sumber air panas di wilayah tersebut.

Jigokudani Yaen-Koen; Surganya monyet di Musim Salju

Di Jigokudani, pengunjung tak hanya bisa menikmati perpaduan indahnya gepulan asap yang bersumber dari air panas dengan salju yang menghampar, wisatawan juga berkesempatan menikmati bagaimana lucunya aksi monyet salju berendam di air panas tersebut ketika musim dingin tiba.

Ya, Jigokudani menjadi habitat monyet salju, itu sebabnya alih-alih disebut Jigokudani Yaen-Koen, tempat ini lebih dikenal dengan sebutan Jigokudani Monkey Park oleh wisatawan mancanegara. Namun sebagian orang menyebutnya Snow Monkey Park.

Jigokudani Monkey Park ini juga menjadi satu-satunya tempat di dunia di mana monyet mandi di air panas, tepatnya diketinggian 850 meter yang terletak di lembah Sungai Yokoyu.

Lalu yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, kira-kira bisa ngga ya mandi bareng monyet-monyet ini di kolam yang sama?

Sayangnya, kamu harus mengubur keinginan tersebut bila ingin merasakan pengalaman mandi di Jigokudani monkey park bersama para monyet karena di sana pengunjung sama sekali tidak diizinkan melakukan itu.

Dilansir dari snowmonkeyresorts.com, Pemandian air panas di taman monyet ini hanya diperuntukkan bagi kawanan monyet yang tinggal di sana. Namun bila kamu ingin mencoba peruntungan, kamu bisa mencoba peruntungan di Korakukan Onsen terdekat.

Tempat ini merupakan wisma pertama kali para monyet mengamati dan meniru perilaku berendam di sumber ar panas. Saat kamu berendam di sana, dan karena tempatnya yang terbuka, ada kemungkinan monyet-monyet akan berdatangan dan bergabung denganmu di kolam yang sama. Hanya saja, petugas terkait tidak bisa menjamin seberapa higenisnya keputusan yang kamu lakukan itu.

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Penting untuk diketahui, sebagai hewan liar, para monyet bebas datang dan pergi sesuka hati mereka. Oleh karena itu, ada kemungkinan kawanan yang kamu temukan banyak, bisa juga hanya sedikit, bahkan mungkin tidak ada sama sekali – meskipun kasus ini jarang terjadi.

Untuk itu, waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Snow Monkey Park adalah saat musim dingin atau musim salju karena waktu inilah mereka paling banyak menghabiskan waktu untuk berendam di air panas mulai dari monyet kecil hingga monyet paling tua. Sedangkan di musim panas, para monyet akan lebih banyak menghabiskan waktu di hutan berburu makanan.

Harga tiket ke Jigokudani Monkey Park

Tiket masuk ke area wisata ini terbilang murah. Untuk orang dewasa yang  berusia 18 tahun ke atas harga tiket sebesar JPY800 per orang sedangkan anak-anak usia 6 hingga 12 tahun harga tiketnya sebesasr JPY400 dan bayi 0-5 tahun bisa masuk secara gratis.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih maksimal, jangan lupa siapkan pakaian tebal agar lebih nyaman dan siap menghadapi musim dingin, serta travel wifi IziRoam untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang terdekat, serta berbagi pengalaman seru di media sosial kamu.