Ilustrasi taman bunga Keukenhof | Foto: Okezone

Intip Wisata Taman Bunga di Berbagai Negara

Izi Roam | 07 Feb 2022

Berikut 5 rekomendasi taman bunga terbaik di dunia...

Menyambut valentine’s day atau hari kasih sayang, umumnya perayaan ini tak jauh dari pernak-pernik berbalut nuansa merah muda, hadiah-hadiah yang tampak indah dan manis seperti coklat, sekedar makan malam romantis berdua hingga bunga yang sebegitu indahnya.

Bicara tentang bunga, bagi kamu yang belum memiliki rencana untuk menghabiskan waktu dengan orang tersayang di hari Valetine, membawa doi ke taman bunga bisa jadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Untuk itu, kali ini, IziRoam akan mengajakmu mengenal taman bunga yang menakjubkan yang ada di berbagai negara. Dikunjungi ngga harus saat valentine’s day, tapi percaya deh, bunga selalu jadi alat yang tepat untuk menyenangkan hati si dia.

1. Gardens of Versailles, Prancis

Taman ini tak hanya terkenal di Pracis, tapi juga hampir di seluruh dunia.

Menurut sejarah, tahun 1661 André Le Nôtre dipercaya untuk membuat dan merenovasi taman Versailles. Saat itu Raja Louis XIV menganggap taman dan istana sama pentingnya.

André Le Nôtre berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghasilkan taman yang terbaik. Ada Jean-Baptiste Colbert, pengawas bangunan untuk Raja dari tahun 1664 hingga 1683 serta Charles Le Brun sang pelukis pertama Raja yang diangkat pada tahun Januari 1664. Charles Le Brun inilah yang kemudian bertanggungjawab atas gambar sejumlah besar patung dan air mancur.

Dalam tiap pengerjannya, Raja ikut melihat sendiri untuk melihat detail-detailnya. Tak lama, arsitek Jules Hardouin-Mansart juga turun tangan dalam proyek pembangunan taman ini.

Taman ini kemudian menjadi salah satu titik favorite pengunjung untuk mengagumi perpaduan antara taman, air mancur, patung, jalanan hingga hutan.

Dari berbagai renovasi, Istana Versailles tak hanya berpatok pada taman. Ada banyak spot menarik yang kaya akan sejarah dan budayanya. Ada Hall of Mirrors, Royal Opera hingga istana yang menakjubkan. Tempat ini kemudian menjadi salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Prancis karena telah masuk dalam Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Saking luasnya, saat ke tempat ini, kamu dianjurkan membeli peta istana agar tahu titik-titik menarik yang ingin dijelajahi.

2. Keukenhof, Lisse, Belanda

Semula, taman Keukonhof dibuat oleh calon wali kota Lisse pada tahun 1949 di kota Lisse. Tujuan awalnya sih membuat pameran bunga agar penanaman bunga dari penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga yang akan membantu Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di dunia.

50 tahun kemudian, harapan itu terwujud. Keukonhof kini menjadi taman bunga terbesar di dunia yang menurut situs resminya terdapat tujuh juta kuntum bunga tulip yang ditanam setahun sekali di taman tersebut dengan berbagai jenis dan warna.

Sebegitu cantiknya padu padan warna bunga, wisatawan yang ke tempat ini biasanya akan kembali lagi dan lagi untuk menikmati keindahan yang sama.

Boleh bawa si dia tapi jangan coba-coba petik bunga yang ada di sana ya.

3. Taman Lavender, Italia

Italia juga punya taman bunga yang tak kalah indah. Berada di Bridestowe Lavender Estate, Nabowla sekitar kurang lebih 250 Km di sebelah Utara kota Hobart, Tasmania, kamu dapat menemukan hamparan ungu dari kejauhan.

Hamparan ungu tersebut merupakan bunga Lavender yang bermekaran di atas lahan seluas puluhan hektare.

Awalnya, Lavender ini ditanam untuk dijadikan minyak wangi, namun sejak tahun 2010, pemilik lahan memutuskan area taman Lavender dibuka menjadi destinasi wisata.

Tiket masuk hanya dibanderol 10 Dollar Australia atau setara dengan Rp 100.000. Selain bisa memenangkan hati kekasih, mengunjungi tempat ini juga memberikan perasaan tenang tersendiri bagi kamu yang sedang menghadapi segudang masalah.

Sebagai catatan, saat hunting foto di area taman lavender, pastikan untuk tidak menginjak atau merusak tanamaan ya. Oh ya, satu lagi, pastikan juga datang ketika bunga lavender sudah mekar sempurna ya. Dengan begitu kedatanganmu tidak sia-sia.

4. Dubai Miracle Garden, Dubai

Bicara tentang Dubai, kita tentu sepakat akan menikmati berbagai pemandangan yang terasa mustahil tapi nyata di sana. Palm Island misalnya, atau Burj Khalifa bangunan pencakar langit yang tingginya mencapai 828m.

Ternyata, selain dua keajaiban ini, Dubai juga memiliki Dubai Miracle Garden yang pesonanya bikin menganga.

Di sini kamu tak hanya bisa menikmati hamparan bunga. Akan ada pula parade bunga, lake park, area istirahat, floral villas, floral castle, cabanas, floral clock, Teddy Bear, Sun Flower yang seluruhnya didesain dari bunga.

Selain itu, setelah puas menikmati berbagai atraksi dengan nuansa bunga, kamu juga bisa makan malam mecicipi berbagai menu di area yang sama.

Seru ya?!

5. Butchart Garden, Kanada

Yang terakhir ada Butchart Gardens yakni taman bunga yang berlokasi di Teluk Brentwood, British Columbia, Kanada, tepatnya di dekat Victoria di pulau Vancouver. Kebun ini kini telah ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada.

Di taman ini terdapat sekitar 900 varietas tanaman, 55 hasil taman, 26 rumah kaca dan terdaapt 50 orang petugas kebun setiap harinya. Keindahan taman ini berhasil menarik hingga satu juta pengunjung tiap tahunnya.

Itu dia 5 rekomendasi taman bunga terbaik di dunia yang bisa kamu kunjungi. Kira-kira, mau berkunjung ke taman bunga yang mana nih, Iziers? Kemanapun perginya, jangan lupa selalu sertakan travel wifi IziRoam dalam tiap perjalananmu, ya.

 

Diolah dari berbagai sumber:

https://en.chateauversailles.fr/discover/estate/gardens

https://travel.kompas.com/read/2017/12/13/100800127/asyiknya-menikmati-perkebunan-hingga-es-krim-lavender-di-tasmania?page=all

https://www.dubaimiraclegarden.com/entertainment-2/

https://www.butchartgardens.com/