Starline via Freepik

Imlek Tetap Meriah Meski Hanya di Rumah

Izi Roam | 02 Feb 2022

Jangan biarkan pandemi Covid-19 menjadi batasan dalam merayakan Imlek, berikut adalah rekomendasi agar Imlek tetap meriah meski hanya di rumah...

Kegiatan saat Imlek

Perayaan hari Raya Imlek tahun 2022 ini disebut sebagai tahun Macan Air. Shio ini melambangkan raja binatang dalam budaya Cina yang memiliki kekuatan besar, keberanian serta sanggup mengusir kejahatan.

Sebelum hari raya Imlek berlangsung, biasanya pemeluk agama Khonghucu akan melakukan berbagai aktivitas seperti membersihkan rumah, menyalakan lampu, menyiapkan angpao, hingga memasang lentera dan kembang api. Begitupun saat Imlek berlangsung, ada banyak aktivitas dalam perayaannya.

Perayaan hari Raya Imlek ini tentu tak terbatas pada pemeluk agama Khonghucu, seluruh Indonesia juga turut merasakan kebahagiaan yang sama, karena bersamaan dengan perayaan hari besar keagamaan tersebut, seluruh kegiatan belajar mengajar hingga pekerjaan, diliburkan.

Terbatas pandemi Covid-19

Menyaksikan pertunjukan barongsai dan menikmati sajian perayaan hari Raya Imlek umumnya lumrah dilakukan, namun, sama seperti tahun lalu, tahun 2022 inipun ruang gerak kita kembali terbatas seiring dengan pandemi Covid-19 varian Omicron yang penyebarannya kian tinggi di Indonesia.

Untuk itu, masih dalam suasana Imlek, meski ingin sekali bersilaturahmi dengan kerabat dan orang-orang terdekat, sebaiknya dihindarkan dulu untuk meminimalisir penyebaran virus.

Ada banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk turut serta memeriahkan Imlek meski tetap di rumah:

1. Silaturahmi secara virtual

Meski perayaan Imlek masih terbatas ruang, tidak ada salahnya untuk tetap menjalin silaturahmi dengan kerabat dan orang-orang terdekat.

Gunakan modem IziRoam Unlimited untuk berkomunikasi dengan keluarga sepuasnya.

2. Quality time bersama keluarga

Perayaan hari Raya Imlek juga bisa dimanfaatkan menjadi ajang quality time bersama keluarga untuk mengganti waktu-waktu yang selama ini dibatasi kegiatan masing-masing anggota keluarga.

Kamu bisa manfaatkan dengan menonton film keluarga bersama-sama, memasak makanan favorite keluarga, atau dengan bersih-bersih rumah.

3. Melakukan tradisi Lo Hei

Yu Sheng merupakan makanan yang lumrah ditemukan saat perayaan hari raya Imlek. Kegiatan mengonsumsi Yu Sheng ini disebut Lo Hei atau bisa disebut juga sebagai prosperity toss.

Makanan tersebut berisi:

  • Jeruk Bali yang dalam bahasa Cina melambangkan Keberhasilan
  • Lada dan bumbu rempah untuk menarik harta dalam kehidupan
  • Wortel parut yang melambangkan keberuntungan dalam hidup
  • Lobak hijau yang berarti awet muda
  • Biji wijen dan kacang tanah untuk rumah yang penuh dengan kemakmuran dan usaha menanjak terus
  • Kerupuk dengan harapan Emas dimana-mana
  • Saus plum untuk hubungan yang manis diantara keluarga dan pasangan

Umumnya Yu Sheng juga dilengkapi dengan ikan mentah termasuk ikan Salmon di dalamnya. Dan terakhir, dilakukanlah Lo Hei dengan mengangkau sumpit ke udara setinggi-tingginya sembari mengucapkan auspicious.

4. Kirim Angpao dan hadiah digital

Imlek memang selalu identik dengan angpao, yakni amplop merah yang berisi uang keberuntungan, atau hongbao dalam bahasa Cina. Uang yang dimasukkan ke dalam amplop merah tersebut kemudian nantinya akan dibagi-bagi ke sanak keluarga.

Namun lagi-lagi, sejalan dengan ruang gerak kita dalam perayaan Imlek kali ini yang masih terbatas, memberikan angpao di dalam amplop juga masih berisiko menimbulkan penularan bagi penerima.

Meski begitu, kamu masih tetap bisa mengirimkan angpao atau hadiah Imlek lainnya dalam bentuk digital, lho.

Cukup siapkan modem IziRoam Unlimited untuk memenuhi kebutuhan internetmu, lalu kirimkan angpao dalam bentuk uang digital ke sanak keluarga. Kamu juga bisa memesan kebutuhan seseorang secara daring lalu kirimkan ke alamat penerima.

Meski berjauhan, Imlek tetap berjalan. Pastikan selalu memegang IziRoam Unlimited bersamamu dalam segala suasana.