Penumpang dalam pesawat } Sumber foto: Efa Butar butar

Hal-hal Lucu yang Dilakukan Penumpang Pesawat

Izi Roam | 10 Jan 2022

Antara lucu dan menyebalkan, ini dia beberapa tingkah penumpang pesawat

Bepergian dengan pesawat memang menyenangkan, tapi sadarkah kamu bahwa penumpang pesawat terkadang melakukan hal-hal lucu dari sebelum masuk pesawat, di dalam pesawat bahkan hingga pesawat baru saja mendarat?

1. Antri berdesakan menuju ke pesawat

Tak seperti angkutan kota yang setiap penumpang bebas naik turun kapan dan dimana saja, pesawat memiliki jadwal terbang yang pasti dan tak bisa bergeser sembarangan. Pun kalau terjadi delay, petugas akan memberikan pengumuman kepada seluruh penumpang agar tak kebingungan.

Tapi sadarkah kamu, saat garbarata sudah menempel di bibir pintu pesawat dan gate menuju pesawat sudah dibuka, seluruh penumpang mengantri bahkan terkadang sampai berdesakan.

Semestinya bagaimana, sih?

Hindari ikut berkerumun dan berdesakan dalam antrian. Memang, sudah semestinya kita bersiap begitu petugas memberikan arahan bahwa penumpang sudah diizinkan memasuki pesawat, namun, tunggu hingga antrian tak lagi mengular.

Selain menjaga kesehatan pribadi dengan menjaga jarak sesama penumpang, kamu juga telah membantu membuat petugas bekerja dengan lebih tenang karena masuk dengan rapi dan tak terburu-buru.

Memasuki pesawat memang perlu rapi dan jaga jarak, tapi ngga bikin kamu jadi leha-leha juga menganggap bahwa pesawat ngga akan berangkat bila seluruh penumpang belum lengkap.

Bila posisi maskapai maskapai yang kamu tumpangi berlokasi cukup jauh dari lorong pintu, biasanya penumpang akan diangkut oleh bus khusus menuju pesawat. Artinya, kamu harus tetap awas dengan setiap informasi yang disampaikan oleh petugas.

Terlalu berleha-leha menuju garbata juga bikin kamu capek sendiri harus kejar-kejaran dengan waktu bila kelamaan masuk ke dalam pesawat.

2. Menaikkan kaki di bagian kepala kursi

Perjalanan panjang di pesawat memang melelahkan. Belum lagi bila kaki harus tergantung di kursi sepanjang perjalanan.

Kalau sudah begini, ada saja penumpang yang nakal menaikkan kaki di bagian kepala kursi penumpang di depannya.

Ini bukan contoh yang baik untuk ditiru ya, selain tidak sopan, tindakan ini juga membuat penumpang di depan kamu tidak nyaman dan terganggu dengan tindakanmu, belum lagi kalau kakimu super bau. Ewwww!

Bisa-bisa, perilaku kamu ini juga diadukan ke crew cabin.

3. Menghubungi seseorang begitu pesawat landing

Memberitahu kerabat dan keluarga besar bahwa pesawat sudah mendarat dan kita tiba di kota tujuan memang penting. Tapi kesehatan dan keselamatan pribadi serta seluruh orang yang ada di dalam pesawat juga jauh lebih penting.

Ini sering terjadi dalam penerbangan. Mengubah aeroplane mode demi bertukar kabar begitu pesawat landing.

Padahal tindakan ini oleh sebagian orang dianggap memalukan. Bukan saja kamu tak hanya mengindahkan peraturan yang disampaikan oleh crew cabin, kamu juga sedang membahayakan diri sendiri dan seluruh isi pesawat.

Perlu diketahui, bahwa ketika pesawat take off dan landing, seluruh smartphone dianjurkan untuk dimatikan karena gelombang elektromagnetik pada ponsel dapat memicu terbakarnya uap bahan bakar itu sendiri. Selain itu, gelombang tersebut juga dapat menganggu navigasi.

Ponsel hanya bisa digunakan ketika pesawat sudah terbang dengan stabil di atas itupun tetap dengan menggunakan aeroplane mode.  

4. Buru-buru buka kabin dan ambil barang bawaan

Sama seperti mengantri untuk masuk ke pesawat, penumpang terutama penumpang Asia, memiliki kebiasaan yang kurang baik setelah pesawat mendarat, yakni buru-buru mengambil tas di kabin pesawat dan berdiri di lorong pesawat padahal penumpang di depan saja belum juga bergerak.

Meski kini beberapa maskapai menerapkan batasan 5 baris penumpang yang boleh turun terlebih dahulu, masihhhh saja penumpang yang ada di barisan belakang buru-buru ikut ambil tas di kabin dan berdiri di lorong. 

Berdasarkan beberapa pengalaman terbang, itu dia tingkah-tingkah lucu penumpang pesawat. Yang jelas, bila memang salah dan melanggar etika, kamu jangan ikuti, ya!