Ilustrasi takut di pesawat | Foto: Freepik

Kiat-kiat Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Izi Roam | 06 Jan 2022

Berikut adalah tips mengatasi rasa takut naik pesawat yang dapat kamu terapkan dalam perjalanan pertamamu di pesawat

Naik pesawat pertama kali bagi sebagian orang merupakan salah satu pengalaman yang ditunggu-tunggu. Bagi sebagian lagi mungkin tak begitu, mereka bahkan sengaja menghindari perjalanan dengan pesawat demi tak menaikinya karena kekhawatiran dan rasa takut akan ketinggian. 

Namun, di situasi tertentu, bisa jadi perjalanan dengan pesawat adalah satu-satunya cara untuk tiba di tempat wisata atau tempat-tempat lain yang ingin dikunjungi. Mau tak mau, ya harus dinaiki. 

Tapi tenang, berikut adalah tips mengatasi rasa takut naik pesawat yang dapat kamu terapkan dalam perjalanan pertamamu di pesawat:

1. Berdoa dan percaya

Kita bisa berencana, tapi Tuhan yang berkuasa. Hal ini juga yang bisa kamu pegang saat menghadapi penerbangan pertamamu. 

Berdoa sebelum berangkat dan percayakan pada Tuhanmu bahwa Dia akan menjagamu, seluruh crew pesawat dan penumpang lainnya. 

Percayakan pula penerbanganmu pada Pilot dan seluruh petugas. Penting untuk kamu ingat bahwa sebelum melakukan penerbangan, ada sederet SOP yang harus dilakukan agar penerbangan bisa berjalan lancar. Di samping itu, Pilot juga tentu akan melakukan yang terbaik dalam membawa seluruh penumpang dan crewnya. Semua orang yang ada di dalam pesawat juga berharap yang sama, tiba dengan selamat. 

Baca juga: 5 Penerbangan Terpanjang Di Dunia

2. Membawa buku favorite

Membaca buku biasanya akan membuat seseorang larut dalam cerita. Bawa buku favoritemu dan sibuklah dalam kisah-kisah di dalamnya. 

Anggap bahwa kamu sedang membaca buku di sebuah tempat yang begitu nyaman hingga kamu lupa sedang dalam perjalanan menggunakan pesawat. 

3. Mendengarkan musik

Sama halnya dengan mendengarkan musik kesukaan. Musik dipercaya bisa menenangkan sekaligus menghilangkan kekhawatiran. Pastikan list musikmu penuh, hindari musik-musik bernuansa sedih, sebaliknya, pilihlah musik dengan nada ceria dan semangat yang bisa mengubah moodmu sesuai musik yang sedang mendentum. 

4. Tidur

Lupakan bahwa kamu sedang berada dalam sebuah pesawat dan tidurlah selama perjalanan. Selain ampuh untuk melupakan ketakutanmu, tidur dalam pesawat juga cukup untuk menghilangkan lelah selama penantian dan kamu akan kembali segar saat pesawat mendarat nantinya. 

5. Berbincang dengan orang kesayangan

Melakukan perjalanan dengan orang tersayang memang menyenangkan. Kamu juga bisa berbincang hal-hal yang kalian sukai selama perjalanan. Jangan lupa selalu menyelipkan hal-hal konyol dan lucu agar kekhawatiranmu semakin terabaikan. 

6. Membawa benda yang dirasa bisa menenangkan

Beberapa benda memang punya pengaruh untuk menenangkan. Sebut saja Hooded U Shape atau bantal leher, bisa juga boneka. Sebagian artis beken dunia bahkan selalu membawa bantal pribadinya dalam setiap perjalannya. 

Kamu juga bisa membawa benda pemberian orang tersayang dalam perjalananmu untuk mengobati sedikit kekhawatiranmu dalam pesawat. 

7. Membawa aromaterapi di dalam tas 

Sebagaimana fungsinya, aromaterapi memang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih santai dan mengurangi stress. 

Aromaterapi kini lebih mudah ditemukan dalam berbagai ukuran termasuk ukuran yang paling kecil yang tak mengganggu sama sekali bisa dibawa dalam perjalanan. 

Temukan aromaterapi kesukaanmu dan pastikan membawanya dalam perjalananmu. 

8. Hindari duduk di samping jendela pesawat

Ini juga penting dilakukan. Kamu bisa menghindari duduk di samping jendela pesawat. Bila kebetulan saat check in kamu ditempatkan di dekat jendela, bicarakan baik-baik dengan penumpang lain di sebelahmu untuk bertukar tempat duduk. 

Pastikan perjalananmu nyaman tanpa harus melirik sedikitpun ke bawah saat pesawat mulai terbang. 

9. Hindari duduk di dekat pintu darurat

Dalam setiap penerbangan, awak pesawat umumnya akan memberi aba-aba khusus bagi penumpang yang duduk di dekat pintu darurat pesawat. 

Dalam kondisi khawatir, kamu mungkin akan kesulitan mencerna dan menerima setiap aba-aba yang disampaikan oleh Pramugari dan Pramugara. Untuk itu, mintalah crew pesawat agar mengganti posisimu dengan penumpang lainnya. 

Saat kamu memaksakan diri duduk di dekat pintu darurat, bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan di dalam pesawat, kamu juga akan mempersulit penumpang lainnya karena kondisimu sudah lebih dahulu terserang panik dan rasa takut berlebihan. 

10. Baca petunjuk keselamatan yang tersedia di pesawat dan yang diperagakan oleh Flight Attendant

Di setiap bangku penumpang, ada lembaran petunjuk keselamatan yang dapat dibaca. 

Bacalah petunjuk tersebut, jangan lupa juga memperhatikan petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh FA saat perjalanan baru dimulai untuk membekali diri bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan.