Wisata di Indonesia Aja - Kenali Papua, Dari Hewan Endemik Hingga Lansekapnya yang Menarik

Iziroam | 29 Oct 2021

Selain menjadi rumah bagi beragam hewan endemik, Papua juga kaya akan destinasi wisata yang bisa memanjakan mata pengunjungnya. Selain Raja Ampat, apa saja keindahan lain yang ditawarkan Papua? Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Papua untuk kamu

Usai sudah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua. Meski demikian, dengung keindahan yang ditawarkan wilayah paling timur Indonesia ini masih terus terdengar.

Bagi kamu yang saat berjalannya PON tidak memiliki waktu dan kesempatan untuk berkunjung ke Papua, baik untuk menikmati penampilan atlet favoritmu atau untuk menikmati panorama indahnya Papua, yuk kenali lebih dalam keindahan yang ditawarkan Bumi Cendrawasih ini.

Papua adalah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Dulu, provinsi ini bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua dengan luas 312.224 km2

Papua yang beribukotakan Jayapura ini merupakan “rumah” bagi berbagai hewan endemik Papua seperti Burung Cenderawasih, Kanguru Pohon Mantel Emas, Hiu Karpet Berbintik, Kura-kura Reimani, Burung Mambruk Victoria, Burung Kasuari Gelambir Tunggal, Burung Nuri sayap hitam, dan sederet hewan endemik lainnya. Kaya sekali, bukan?

Selain itu, Papua juga kaya akan destinasi wisata yang bisa memanjakan mata pengunjungnya. Selain Raja Ampat, apa saja keindahan lain yang ditawarkan Papua? Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Papua untuk kamu:

1. Danau Imfote

Sumber foto: Berita Papua

Dalam serial drama Korea berjudul Boys Over Flowers, Gu Jun Pyo membawa pujaan hatinya, Geum Jan Di mengunjungi sebuah pulau berbentuk hati. Di sinilah Gu Jun Pyo menyatakan perasaannya pada gadis impiannya. .

Kurang lebih seperti itu mungkin gambaran Danau Imfote yang ada di Jayapura. Bedanya, Gu Jun Pyo dan Kekasih menuju sebuah Pulau, sedang Danau Imfote sendiri berbentuk telaga. Hanya saja, keduanya sama-sama berbentuk hati dan tampak indah bila dilihat dari ketinggian.

Meski berada di lokasi yang cukup terpencil, tempat ini masih terus dikunjungi orang dan sering dijadikan sebagai lokasi pengambilan foto prewedding.

Selain telaganya yang memukau, Danau Imfote juga dikelilingi oleh bukti hijau yang membuat lansekap tempat ini semakin enak dan indah dipandang.

2. Taman Nasional Lorent

Memiliki luas sekitar 2.4jt hektar atau setara 25.056 kilometer persegi, membuat Taman Nasional Lorentz menjadi taman nasional terluas di Asia tenggara. Luas ini, oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan disebut termasuk ke dalam 10 kabupaten di Provinsi Papua. Begitu luasnya, lanskap Taman Nasional ini belum memiliki pemetaannya sendiri secara resmi.

Dengan luas tersebut, Taman Nasional Lorentz  menjadi rumah bagi beragam ekonsistem. Di taman ini lah flora dan fauna endemic Papua bisa kita temukan. Bila ke tempat ini, jangan lupa untuk persiapkan fisik dengan sebaik mungkinya, karena akan ada banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi di dalamnya, seperti Danau Habema, melihat langsung salju abadi di Gunung Puncak Jaya, dan kamu juga berkesempatan untuk melihat langsung suku Asli Papua.

3. Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani. Lembah ini terletak di pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1600 meter dari permukaan laut yang dikelilingi pegunungan dengan pemandangannya yang indah dan masih alami.

Setiap bulan Agustus, akan diselenggarakan Festival Lembah Baliem yang berlangsung selama tiga hari. Festival ini merupakan salah satu festival yang digandrungi wisatawan baik nasional maupun internasional.

Festival ini merupakan pertunjukan perang dari sejumlah suku yang berdiam di Lembah Baliem. Kegiatan perang antar suku ini disebut-sebut sebagai lambing kesuburan dan kesejahteraan.

4. Pantai Holtekamp

Ngaku anak pantai? Jangan lupa berkunjung ke Pantai Holtekamp saat ke Papua.

Pantai Holtekamp adalah sebuah pantai yang terletak di Tenggara Kota Jayapura, sekitar 39 Kilometer dari pusat kota Jayapura. Pantai ini merupakan salah satu sisi teluk Youtefa yang menjadi trademark kota Jayapura.

Karena belum banyak diketahui keberadaannya, pantai Holtekamp masih bisa dikatakan bersih dan sangat nyaman untuk dikunjungi.

5. Air Terjun Bihewa Nabire

Menuju Air Terjun Bihewa Nabire, kamu harus “membelah hutan” terlebih dahulu. Tempatnya yang sangat terpencil membuat perjalanan ke air terjun ini sedikit menantang.

Eh, meski cukup melelahkan, tapi jangan khawatir keindahannya sangat sepadan untuk kamu rasakan.

Biar perjalanan lebih nyaman, selalu gandeng orang lokal ya! Menggandeng orang lokal dalam trip, selain membantu mereka dari sisi ekonomi, kita juga berkesempatan untuk mendengarkan sisi-sisi detail destinasi yang tak terpikirkan sebelumnya.

 

 

Sumber-sumber:

https://wisatakita.com/wisata/Papua.Timur/Jayapura/Pantai.Holtekamp