Tips Trip Murah Ke Luar Pulau Jawa, Bali, Saat Pandemi

Iziroam | 22 Oct 2021

Bagi kamu yang sudah memiliki sederet rencana perjalanan dengan budget yang terbatas, berikut adalah tips yang bisa kamu contek demi travelling sepuasnya dengan budget sehemat-hematnya...

Pintu pariwisata internasional telah dibuka. Bandar Udara di Bali dan Kepulauan Riau menjadi bandara pertama yang menerima wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia setelah ditetapkan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Ada setidaknya 19 negara yang telah diizinkan masuk ke Indonesia. Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Lichtenstein, Italia, Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, serta Norwegia.

Singapura menjadi negara yang dikecualikan dan tidak mendapatkan izin masuk ke Indonesia karena kondisi negara tersebut belum memenuhi standard ketentuan dari World Health Organization (WHO).

Dibukanya pintu untuk wisatawan mancanagera ini tentu tetap mengikuti serangkaian protokol kesehatan.

Bila wisawatan mancanegara saja sudah diizinkan berkunjung ke negeri kita, tentu, kita sebagai warga lokal, kita juga diperbolehkan untuk menjelajah keindahan alam Indonesia masih dengan sederet aturan yang harus dipatuhi demi kesehatan bersama.

Dalam aturan new normal, adapun syarat bepergian dengan pesawat antara lain:

1. Penumpang yang berasal dari Jawa dan Bali, bila ingin bepergian ke kota di daerah Jawa dan Bali, cukup menunjukkan bukti hasil NEGATIF Swab Antigen H-1 bagi yang telah mendapatkan 2 dosis vaksin, dan hasil NEGATIF PCR H-2 bagi yang baru mendapatkan 1 dosis vaksin

2. Penumpang yang berasal dari luar Jawa dan Bali yang ingin berkunjung, diwajibkan untuk menunjukkan hasil NEGATIF PCR H-2.

Biaya PCR dan Swab antigen ini juga tidak tergolong murah bagi sebagian orang. PCR sendiri seharga Rp 495.000 sedangkan Swab antigen dihargai sebesar Rp 95.000.

Tips murah PCR dan Swab Antigen

Bagi kamu yang sudah memiliki sederet rencana perjalanan dengan budget yang terbatas, berikut adalah tips yang bisa kamu contek demi travelling sepuasnya dengan budget sehemat-hematnya:

1. Paket bundling

Di Online Travel Agent seperti Traveloka dan Tiket.com, saat melakukan pencarian tiket pesawat, beberapa maskapai akan memberikan paket bundling tiket pesawat dan test kesehatan PCR atau swab antigen, sesuai kebutuhan pelanggan.

Maskapai Lion Air, misalnya. Pembelian harga PCR yang semula berkisar Rp 495.000 menjadi hanya Rp 285.000 bila pelanggan memesan bersamaan dengan tiket pesawat. Kini bahkan lebih murah, mulai dari Rp 250.000

Sedangkan Swab Antigen bisa kamu dapatkan dengan harga hanya berkisar Rp 60.000 an saja. Cukup hemat bukan?

2. Berburu GRATIS PCR dari maskapai

Bulan September lalu, salah satu maskapai yang juga memiliki banyak peminat mengadakan promo GRATIS PCR bagi mereka yang melakukan pemesanan. Tentu promo ini disambut baik oleh banyak pihak. Sayangnya, promo yang sama tidak berlanjut di bulan Oktober. Untuk itu, kamu yang memiliki rencana travelling, pastikan selalu mendapatkan informasi promo teraktual dari berbagai maskapai terpercaya.

3. Hindari perjalanan udara

Bila dibandingkan dengan perjalanan udara, menikmati perjalanan lewat darat memang sedikit melelahkan, namun kabar baiknya, biaya dengan menggunakan transportasi darat jauh lebih ekonomis. Di samping itu, biaya test kesehatan yang hanya membutuhkan hasil NEGATIF Swab Antigen juga sangat membantu untuk lebih menghemat biaya.

Cara redeem PCR dari paket bundling

Setelah melakukan pemesanan tiket dan paket bundling lewat Online Travel Agent, berikut adalah tahapan redeem test PCR yang telah kamu pesan:

  • Buka fitur My Booking
  • Klik e-ticket kamu
  • Scroll ke bawah lalu berhenti di bagian “Passenger(s)”
  • Klik tulisan “How to Redeem” yang berwarna biru
  • Di tahapan nomor dua, kamu akan menemukan daftar rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan maskapai untuk pelaksanaan PCR dan Antigen untuk kebutuhan penumpang maskapai
  • Pilih klinik yang terdekat dari tempat tinggalmu
  • Datanglah ke klinik yang kamu pilih H-1 sebelum keberangkatan untuk mendapatkan test kesehatan yang kamu pilih
  • Pastikan membawa e-ticket dan KTP mu karena ini akan diminta saat proses administrasi dan e-ticket sebagai bukti pesanan
  • Dapatkan test PCR atau antigen
  • Lalu tunggu hasil PCR mu dikirimkan lewat email atau wa maksimal 1x24 jam untuk PCR.

Tidak semua Rumah Sakit dan Klinik yang bekerja sama dengan Lion Air, sehingga ada batasan lokasi tes yang harus kamu perhatikan sebelum memesan paket bundling ini.