Uniknya Perayaan Valentine Di jepang

Iziroam | 25 Feb 2021

Perayaan valentine menjadi salah satu moment yang paling ditunggu, tidak hanya pasangan kekasih saja melainkan teman maupun keluarga menganggap bahwa hari valentine adalah hari yang tepat untuk mengungkapkan perasaan mereka. Setiap orang merayakan hari valentine dengan berbagai cara yang berbeda-beda, Termasuk dengan orang-orang Jepang nih. Yuk liat langsung bagaimana uniknya perayaan valentine di Jepang.

Tepat di bulan Februari pada tanggal 14, seluruh dunia termasuk Indonesia akan merayakan hari kasih sayang yang biasa nya disebut dengan hari Valentine.
Hari Valentine umumnya dirayakan dengan orang-orang tercinta seperti menghabiskan waktu bersama, dinner, mengirimkan kartu ucapan, bunga maupun cokelat sebagai ungkapan kasih sayang. Hari valentine menjadi waktu yang tepat pula untuk menyatakan perasaan seseorang pada calon pasangannya
Perayaan Valentine menjadi salah satu perayaan yang paling banyak dirayakan oleh seluruh dunia, termasuk Jepang. Namun, berbeda dengan negara lain yang umumnya didominasi oleh laki-laki yang memberikan hadiah atau menyatakan perasaan ke perempuan, di Jepang, justeru perempuanlah yang menyatakan isi hatinya dan memberikan cokelat pada laki-laki yang disukai.
Bukan hanya pada laki-laki yang disukai, tradisi memberi cokelat di Jepang juga biasanya dilakukan pada teman, atasan atau rekan, bahkan pada diri sendiri.
Di Jepang cokelat yang akan diberikan tidak sembarang cokelat. Sebagian perempuan akan membuat sendiri cokelat yang akan diberikan, dan sebagian membelinya. Namun, tahukah kamu bahwa cokelat yang diolah sendiri dan yang dibeli oleh para perempuan Jepang memiliki arti yang berbeda-beda?
Yuk kenali jenis cokelat mana yang cocok diberikan saat valentine di Jepang

  1. Honmei Choco
    Cokelat Honmei biasanya akan diberikan untuk orang yang disuka atau dicintai seperti gebetan, kekasih maupun suami. Cokelat Honmei tidak dapat kamu beli di toko-toko cokelat pada umumnya, biasanya perempuan di Jepang akan membuat sendiri cokelat Honmei. Cokelat Honmei yang dibuat sendiri akan menunjukkan perjuangan dan rasa cinta.

  1. Giri Choco
    Cokelat Giri ini lebih sering diberikan kepada bos, rekan kerja, senior maupun junior. Cokelat Giri disebut juga sebagai cokelat kewajiban yang bersifat formalitas.
    Cokelat Giri diberikan hanya sebagai ungkapan terima kasih tanpa memiliki perasaan ataupun hubungan asmara.

  1. Tomo Choco
    Kata “Tomo” dari bahasa jepang yang bearti teman. Sehingga Cokelat Tomo ini adalah cokelat pertemanan yang akan diberikan kepada teman-teman terdekat.
    Cokelat Tomo salah satu bentuk ungkapan terima kasih atas pertemanan baik ke perempuan maupun laki laki yang sudah terjalin tanpa melibatkan perasaan.

  1. Gyaku Choco
    Umumnya laki-laki di Jepang akan memberikan cokelat ke perempuan pada hari white day. Akan tetapi ada juga laki-laki yang memberikan cokelat ke perempuan di hari valentine yang biasanya disebut dengan Cokelat Gyaku sehingga cokelat ini dikenal sebagai cokelat kebalikan.

  1. Jibun Choco
    Cokelat Jibun adalah cokelat yang dibeli untuk dinikmati sendiri. Cokelat Jibun biasanya memiliki arti untuk mencintai diri sendiri. Kita dapat memilih dan membeli cokelat favorite kita sebagai hadiah untuk diri sendiri.

Sebulan setelah hari valentine, tepat pada tanggal 14 maret Jepang akan merayakan white day. Dimana para laki-laki di Jepang akan menggunakan kesempatan ini untuk membalas cokelat valentine yang sudah mereka terima pada hari valentine.
Hadiah yang akan diberikan para laki-laki Jepang berupa pakaian, tas, bunga dan makanan manis kepada perempuan yang sudah memberikannya cokelat.
Ternyata unik juga ya budaya valentine di Jepang. Bagaimanan denganmu? Sudahkah menyediakan hadiah special untuk orang orang tercinta yang ada disekelilingmu?