Antara Hotel dan AirBnB, Pilih Mana?

Iziroam | 02 Feb 2021

Umumnya, ada dua pilihan menginap saat travelling, yakni hotel dan AirBnB. Kita perlu memilih tempat menginap yang sesuai dengan kebutuhan berpergian. Nah, agar tidak salah pilih, yuk, liat masing-masing keuntungan dari menginap di Hotel dan AirBnB di bawah ini.

 

Memulai perjalanan adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Perjalanan kini jauh lebih mudah karena banyaknya pilihan yang tersedia.

Mulai dari banyaknya pilihan tiket pesawat murah, tempat wisata, hingga tempat penginapan yang keseluruhannya dapat kamu temukan hanya lewat smartphone.

Kamu dapat dengan bijak menentukan mana yang lebih baik untuk kebutuhan travelling melalui informasi-informasi yang tersedia.

Memilih tempat menginap adalah salah satu kegiatan yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena banyak pilihannya, dan susah karena sekalinya salah pilihan, tidurpun ngga akan nyaman

Umumnya, ada dua pilihan menginap saat travelling, yakni hotel dan AirBnB. 

Kita perlu memilih tempat menginap yang sesuai dengan kebutuhan berpergian. Nah, agar tidak salah pilih, yuk, liat keuntungan dari menginap di Hotel dan AirBnB di bawah ini.

Hotel

Hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola untuk menyediakan beberapa jenis tempat menginap bagi para tamu dalam waktu jangka pendek. Hotel biasanya menyediakan tipe kamar mulai dari standart room, superior room, family room hingga presidential suite.

Sekarang kita lihat yuk apa aja keuntungan menginap di hotel:

Staff 24 jam

Apabila memiliki kendala di tengah malem seperti lapar atau AC tidak berungsi, maka akan ada staff 24 jam yang siap membantu untuk menyelesaikan masalah kamu.

Memiliki fasilitas dasar hotel

Sebagian besar hotel akan menyediakan fasilitas dasar seperti shampoo, sabun, kondisioner, sikat gigi hingga pasta gigi. Tidak hanya itu, hotel juga akan memberikan ekstra handuk/selimut untuk kamu.

Memiliki fasilitas umum

Banyak hotel berbintang yang menyediakan fasilitas lain seperti SPA, kolam renang dan pemandian air panas, sarapan, happy hour, restoran, tempat olahraga dan banyak lagi fasilitas lainnya.

Dekat Tempat Wisata atau Pusat Kota

Hotel cenderung terletak di jantung kota, pusat perbelanjaan, dekat dengan atraksi populer, restoran, dan tempat wisata.

Tahu persis standard hotel

Jika menginap di hotel, kamu tidak akan terkejut. Karena sesuai standard, hotel akan memiliki tempat tidur, kamar mandi dan peralatan mandi. Disini kamu juga pasti tahu bahwa hotel akan memiliki tingkat kebersihan yang lebih baik.

Memiliki karyawan profesional

Pegawai dari hotel sudah melalui proses pelatihan sehingga lebih profesional. Seluruh pegawai hotel mulai dari staff hingga pengelola hotel memiliki standard pelayanan sendiri dan sudah terlatih dengan baik.

AirBnB

AirBnB adalah sebuah platform yang berperan sebagai perantara bagi penyewa dan orang orang yang ingin menyewakan kamar pribadi, apartemen, villa maupun rumah pribadi. Biasanya penyewaan juga dilakukan secara harian seperti hotel.

Lalu, apa yang menjadi keuntungan menginap di AirBnB?

Akomodasi unik dan keren

Menginap di AirBnB cenderung lebih unik dibandingkan dengan dekorasi hotel yang lebih membosankan.

Terletak di area wisata

AirBnB banyak terletak diarea lokal atau jauh dari pusat kota, bukan berarti pusat kota tidak ada AirBnB ya. Apabila memilih AirBnB di area lokal akan dikelilingi oleh masyarakat dan budaya lokal. Dannn, pengalaman ini tidak akan didapat di daerah banyak turis.

Memiliki ruang dan privasi sendiri

Tidak seperti hotel yang merupakan tempat umum meskipun kita memiliki kamar pribadi akan tetapi banyak fasilitas umum yang tidak memiliki privasi. AirBnB memiliki ruang privasi yang mana seluruh ruangan baik halaman, kamar tidur, kamar mandi milik sendiri tanpa perlu berbagi ke orang lain.

Memiliki ruang dapur

Apabila lebih menyukai memasak sendiri dibandingkan dengan membeli makanan di luar, AirBnB sangat cocok karena memiliki ruang dapur yang luas dan lengkap dengan perlengkapan masak.

Terasa seperti rumah

Tidak semua AirBnB yang terasa seperti rumah, tapi ada juga yang menawarkan suasana rumah tergantung dengan pilihan kita. Biasanya suasana rumah didapat dari adanya ruang dapur, ruang makan dan ruang tamu yang luas.

Cocok untuk keluarga atau berkelompok

Karena AirBnB memiliki ruang yang lebih luas, akan sangat cocok untuk berpergian rame-rame dan budgetnya akan lebih murah karena tidak perlu menanggung sendiri, berbeda dengan hotel yang biasanya memiliki kapasitas 2 orang aja.

Berteman dengan orang lokal

AirBnB cenderung berada di tengah penduduk lokal sehingga kita dapat membuat pertemanan baru dengan penduduk lokal sekitar tempat kita menginap.

Setelah membaca masing-masing dari kelebihan diatas, semoga kamu sudah tidak bingung lagi ya mau pilih menginap di hotel atau AirBnB ya! Pilih sesuai kebutuhan dan kesukaan kamu.