Ide Kegiatan Seru Bareng Anak Selama Pandemi

Iziroam | 08 Jan 2021

Lakukan aktivitas berikut bersama anak agar anak lebih kreatif dan tidak bosan di rumah saat pandemi. Baca selengkapnya!

 

Sejak kasus COVID-19 pertama ditemukan di Wuhan - China, pandemi terjadi di hampir seluruh dunia dengan cepat. Meski demikian, saat ini sudah ada titik terang usai ditemukannya vaksin oleh beberapa perusahaan medik besar dunia. Pemerintah Indonesia juga telah memesan ratusan juta dosis vaksin yang nantinya akan mulai disuntikkan pada Januari 2021 ini. 

 

Pandemi juga berakibat banyak ke dunia pendidikan di Indonesia. Sudah beberapa bulan ini, pemerintah Indonesia memutuskan untuk tidak melakukan belajar secara tatap muka hingga sekarang. Para murid akhirnya terpaksa mengikuti proses belajar melalui internet atau daring

 

Karena harus terus menerus berada di rumah, anak-anak tentunya menjadi lekas merasa bosan. Apalagi mereka tidak bisa beraktivitas seperti biasa dengan teman-teman sebayanya, baik itu belajar ataupun bermain. Semua kegiatan mereka hanya bisa dilakukan lewat media internet. Akhirnya, para orang tua mau tidak mau juga harus beradaptasi dengan keadaan ini. Orang tua harus rajin putar otak untuk mengatasi kebosanan yang dirasakan oleh anak-anak mereka.

 

Bagi kamu yang sudah kehabisan ide untuk aktivitas bareng anak, berikut ini beberapa ide aktivitas bareng anak ya!

 

1. Menyusun Rencana Perjalanan Bersama

Anak-anak memiliki imajinasi tinggi dan senang ketika membayangkan bisa bepergian atau jalan-jalan ke tempat yang belum pernah mereka datangi sebelumnya. Ajak anak untuk membayangkan tempat yang ingin mereka kunjungi, lalu gunakan bantuan aplikasi seperti Google Earth maupun video YouTube untuk bisa melihat keadaan di tempat tersebut. Selain bisa meningkatkan daya imajinasi mereka, membuat rencana perjalanan juga baik untuk membantu membentuk pola pikir yang teratur pada anak.

 

2. Masak Bareng

Banyak orang tua yang sering mengalami kesulitan saat anaknya melakukan gerakan menolak makan. Biasanya mereka hanya ingin makan jika makanan yang disediakan adalah makanan favorit mereka, yang belum tentu memiliki gizi yang cukup. Karena itu, kegiatan masak bareng ini dapat menjadi kesempatan kamu untuk membuat anak mengerti tentang kandungan makanan dan betapa pentingnya untuk bisa makan secara teratur. 

 

3. Main Game Bareng

Anak-anak dan game adalah dua hal yang hampir tidak bisa dipisahkan. Dan hal ini terjadi dari zaman ke zaman. Mulai dari zaman Nintendo, Playstation, hingga sekarang maraknya game online yang bisa dimainkan dengan ponsel. Banyak orang tua yang kesal karena anaknya terlalu sering bermain game. Nah, daripada hanya kesal, mengapa tidak jadikan ini kesempatan untuk bisa berinteraksi dengan mereka? Yaitu dengan bermain game bersama. Selain menyenangkan, kamu juga bisa memberi pemahaman pada anak tentang pentingnya mengatur waktu pada saat bermain game. Hal ini tentunya lebih efektif ketimbang marah-marah saja.

 

Dari ketiga hal di atas, mana nih yang paling menarik buat dilakukan? Untuk bisa bermain game, buka Google Earth, atau sekadar lihat video masak-masak di YouTube, kamu membutuhkan koneksi internet yang bagus. Karena itu, yuk jadikan Iziroam sebagai penyedia WiFi internet kamu di rumah. Anti lelet, anti lemot!