Liburan Dengan Campervan

Iziroam | 06 Jan 2021

Sebelum ambil keputusan buat liburan bareng keluarga dengan campervan, simak dulu serba-serbi liburan dengan campervan di sini!

 

Liburan dengan campervan mungkin bukan hal yang umum di Indonesia. Namun sejak ada pandemi, liburan dengan campervan mulai diminati karena berbagai alasan. Salah satu alasan utamanya adalah cara ini bisa meminimalisir kemungkinan untuk bertemu atau bersinggungan dengan orang banyak.

 

Dikutip dari kompas.com, berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai liburan dengan menggunakan campervan.

 

Rute 

Dewasa ini, sudah ada beberapa penyedia jasa tour dan travel yang memasukkan wisata dengan menggunakan campervan sebagai salah satu produk unggulan mereka di kala pandemi. Khusus di pulau Jawa, rute yang paling terkenal adalah daerah Pangalengan. Selain itu ada juga rute yang berlokasi di beberapa tempat di daerah Bogor dan juga Yogyakarta.

 

Biaya

Biaya biasanya menjadi faktor penting bagi wisatawan untuk memilih sebuah produk traveling, terutama di masa pandemi yang mempersulit ekonomi Indonesia seperti sekarang. Wisata dengan menggunakan campervan ini sendiri harganya masih tergolong terjangkau, khususnya bagi kelas menengah. Harganya beragam, mulai dari 1,7 juta hingga di atas 4 juta. Perbedaan harga tersebut biasanya tergantung fasilitas atau jenis kendaraannya.

 

Umumnya, paket wisata dasar campervan sudah termasuk dengan fasilitas bensin, supir, guide, tol, camping ground, tiket masuk wisata, barbekyu, dll. 

 

Hal Yang Harus Diperhatikan

Agar lebih praktis, sebaiknya gunakan jasa tour dan travel untuk menyusun trip kamu dengan menggunakan campervan. Terutama untuk kamu yang memang belum punya pengalaman sebelumnya. 

 

Sediakan budget yang sesuai dengan rute yang ingin dikunjungi. Bandingkan harga dari beberapa penyedia jasa tour and travel untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget kamu.

 

Bagi kamu yang punya kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa membawa obat. Bawa pula barang-barang pribadi seperti camilan, peralatan mandi, handuk, dll.

 

Yang terpenting, selalu jaga protokol kesehatan. Dan agar perjalanan kamu tidak terkendala sinyal dan internet, jangan lupa bawa Iziroam juga ya!