Tips Menginap Saat Liburan di Masa Pandemi

Iziroam | 06 Jan 2021

Perhatikan hal-hal berikut sebelum kamu melakukan perjalanan dan menginap di hotel. Baca selengkapnya!

Tanpa terasa, pandemi Covid-19 sudah menemani sepanjang tahun 2020. Meski sekarang sudah ditemukan vaksin Covid-19, banyak pengamat yang mengatakan kalau keadaan seperti sekarang ini akan terus berlangsung setidaknya sampai pertengahan tahun 2021.

Setelah hampir setahun melawan pandemi, kita juga sudah mulai terbiasa dengan berbagai macam penyesuaian dalam hal bepergian. Baik itu untuk travelling ataupun untuk urusan kerja dan keluarga. Bagi kamu yang dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan ke kota atau negara lain dan akan menginap di hotel, hostel ataupun apartemen lewat Online Travel Agent (OTA), berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan untuk memastikan keamanan pada saat menginap di saat pandemi seperti sekarang:

 

1. Pastikan peraturan tentang penyewaan

Sebelum menyetujui untuk menyewa dan melakukan pembayaran tempat menginap, pastikan terlebih dahulu mengenai peraturan penyewaan. Terutama dalam hal refund and cancellation. Pastikan pihak OTA memberikan penjaminan uang kembali jika ada kendala force majeure pada hari kamu menginap.

 

Di saat pandemi sekarang, peraturan sering berubah sewaktu-waktu tergantung keadaan. Ada kalanya sebuah negara atau daerah menerapkan peraturan yang melarang orang untuk keluar atau masuk dari daerahnya. Jika hal tersebut terjadi, setidaknya kamu masih bisa melakukan pembatalan atau perubahan waktu menginap, agar uang yang sudah dibayarkan tidak hangus.

 

2. Cari tahu informasi jumlah orang yang menginap

Hal ini penting untuk diketahui, karena semakin banyak orang yang menginap di tempat tersebut, maka semakin besar kemungkinan untuk terjadinya interaksi dengan orang lain. Jika memang sangat mengkhawatirkan masalah ini, ada baiknya kamu tidak memesan hotel atau hostel, tapi pilihlah hunian yang lebih private seperti apartemen.

 

3. Cek kesehatan

Sebelum menginap, cek kesehatan kamu terlebih dahulu. Cek juga peraturan daerah yang akan kamu kunjungi, beberapa daerah dan negara mewajibkan pengunjung menyertakan hasil tes PCR ataupun Rapid Antigen saat datang. 

 

4. Hindari jam sibuk

Untuk mengurangi kemungkinan kamu berada di keramaian saat menginap di hotel ataupun hostel, cari tahu tentang jam-jam sibuk di tempat tersebut. Biasanya jam sibuk berlangsung pada saat orang akan check out atau hendak check in.

 

5. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku

Memakai masker, selalu mencuci tangan dan menghindari keramaian adalah protokol kesehatan yang berlaku hampir di semua tempat. Bahkan, beberapa negara juga mewajibkan pengunjung untuk melakukan isolasi begitu tiba di lokasi tujuan. Dan biasanya, biaya selama isolasi tersebut belum tentu ditanggung oleh pemerintah setempat, melainkan oleh pengunjung sendiri. Karena itu, kamu harus memastikan hal tersebut sebelum melakukan perjalanan, ya.

 

6. Cari informasi mengenai fasilitas kesehatan terdekat

Untuk berjaga-jaga atas hal-hal yang tidak diinginkan, kamu juga harus mencari tahu informasi mengenai fasilitas kesehatan yang berada di sekitar tempatmu menginap. Juga informasi mengenai Emergency Call setempat yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

 

Dan agar perjalanan kamu tidak terganggu karena kendala sinyal dan internet, selalu bawa Iziroam yang bisa diandalkan di dalam dan luar negeri ya!

 

Sumber: Huffpost