6 Tips WHO Cegah Bahaya Virus Corona Saat Travelling

Iziroam | 30 Jan 2020

Saat ini dunia sedang digemparkan oleh wabah 2019-nCov atau lebih dikenal dengan virus Corona. Berikut adalah tips dari WHO agar terhindar dari Corona saat travelling keluar negeri

Saat ini dunia sedang digemparkan dengan hadirnya sebuah virus yang bernama 2019-nCov atau yang lebih dikenal dengan nama Virus Corona.

Virus ini ditemukan pada tahun 2019 di negara China, tepatnya di Wuhan. Saat ini, Indonesia sendiri sudah siaga satu dalam hal antisipasi penyebaran virus.

Update terkini, hingga artikel diturunkan, jumlah korban meninggal telah mencapai 80 orang. Masalah lainnya adalah virus ini telah menyebar hingga ke Singapura, Thailand, Amerika Serikat hingga Arab Saudi dan belum ditemukan vaksin untuk pengobatannya.

Dengan keadaan ini, tak salah jika pemerintah China melakukan isolasi terhadap kota tersebut. Akibatnya, Wuhan terlihat seperti kota mati dan segela aktivitas diliburkan.

Untuk saat ini, dengan kondisi China yang masih belum ramah untuk dikunjungi, traveller memang banyak yang membatalkan rencana perjalanan ke negara bambu tersebut demi kesehatan pribadi dan orang-orang dilingkungannya. Sebaliknya, warga China juga dilarang untuk keluar dari negaranya untuk meminimalisir penyebaran virus. Lalu bagimana dengan negara lain? Apakah tidak bisa dikunjungi juga?

Beberapa negara memang dinyatakan aman untuk dikunjungi, meski demikian, World Health Organization (WHO) telah mengumumkan agar traveller sebaiknya tetap mengikuti beberapa tindakan pencegahan demi mengurangi resiko terkena virus Corona selama travelling di luar negeri.

Apa saja?

  1. Gunakan masker
  2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan alcohol atau bisa juga menggunakan hand sanitizer
  3. Menutup hidung dan mulut ketika batuk dan bersin dengan tisu atau dengan menekuk siku
  4. Hindari berdekatan dengan seseorang yang pilek atau memiliki gejala flu
  5. Pastikan memasak daging dan telur hingga benar benar matang sebelum dikonsumsi
  6. Hindari bersentuhan tanpa pengaman dengan binatang liar atau hewan ternak

      Perlu kamu ketahui juga, jika kamu memiliki rencana untuk travelling dalam waktu dekat dan kondisi tubuhmu sedang tidak baik, sebaiknya segera periksakan ke dokter dan pastikan untuk cari tahu apa yang sedang terjadi pada tubuhmu. Dengan mengetahui kondisi pribadi, kamu juga bisa meminimalisir hal buruk yang mungkin terjadi pada diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Jika memungkinkan, batalkan perjalanan atau undur hingga tubuhmu benar-benar dalam kondisi sehat dan siap untuk menempuh perjalanan panjang selama travelling.