Tips Agar Tak Terjebak Travel Abal-abal

By iziRoam - 2020-01-27 17:04:23
Tips Agar Tak Terjebak Travel Abal-abal

"Udah bayar mahal-mahal, eh liburan malah berantakan. Ngga mau dong?" Temukan tips agat tak terjebak travel abal abal

Punya rencana liburan dalam waktu dekat dan ingin menggunakan jasa travel?

Boleh banget kok. Tapi kamu juga perlu pertimbangkan beberapa hal agar terhindar dari travel abal-abal. Yang awalnya ingin senang-senang, malah berakhir suram. Biaya habis tanpa pengalaman yang menyenangkan? Kan kasihan!

Agar liburanmu yang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari berjalan sempurna di tangan travel, yuk cari tahu sama-sama travel yang bagaimana sih yang bisa kamu percaya?

1. Rekomendasi Orang Terpercaya
Rekomendasi orang terpercaya itu memang penting. Apalagi jika orang yang merekomendasikan pernah menggunakan langsung travel yang akan kamu gunakan. Setidaknya pemberi rekomendasi dapat memberitahu bagaimana gambaran pelayanan yang diberikan oleh travel kepada konsumennya selama perjalanan.

Apakah jadwal perjalanan dilakukan dengan baik dan sesuai kesepakatan? Bagaimana cara travel memperlakukan konsumen? Bagaimana kesiapan travel dalam menghadapi konsumen yang berbeda pandangan dan berbeda tingkah laku?

Hal-hal seperti ini patut diketahui di awal demi mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan dan berkesan.

Tapi tetap hati-hati. Bisa jadi pemberi rekomendasi sedang dalam posisi tidak menyukaimu dan kamu tidak menyadarinya. Untuk itu, sebelum menelan bulat-bulat rekomendasi travel yang diberikannya, sebaiknya cari tau lebih jauh lagi tentang travel tersebut.

2. Memiliki website
Sebuah perusahaan yang serius untuk memberikan pelayanan jasa terhadap konsumennya akan mengikuti perkembangan jaman. Setidaknya untuk menyesuaikan diri dengan industry 4.0. Karena website bisa dikatakan gambaran umum sebuah perusahaan yang dapat dilihat lewat internet.

Perusahaan tersebut akan menunjukkan keberadaan dirinya. Bisa jadi lewat media sosial, dan lebih baik lagi jika memiliki website perusahaan.

Lewat website tersebut kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan berbagai informasi terkait travel. Termasuk tentang travel tersebut, pengalamannya dalam memberikan pelayanan di bidang tour and travel.

Pada umumnya, pemilik perusahaan juga akan mencantumkan list harga atau penawaran yang dapat dipilih oleh konsumennya. Dengan transparansi harga di awal seperti ini, tentu kamu juga akan lebih tenang karena mengetahui estimasi biaya yang akan kamu kucurkan untuk liburanmu.

3. Memiliki akun media social official
Selain media sosial, sebuah perusahaan juga pada umumnya menunjukkan keberadaannya lewat media sosial yang lebih ramah untuk diakses. Media sosial ini bisa meliputi Facebook, Instagram bahkan youtube. Serunya stalking sebuah perusahaan lewat media sosial adalah komentar. Konsumen yang dikecewakan lalu diabaikan akan marah dan nyepam alias mengotori postingan perusahaan tersebut dengan menyampaikan isi hatinya lewat komentar.

4. Mencantumkan alamat lengkap perusahaan
Mengetahui alamat lengkap sebuah perusahaan adalah penting bagi konsumen sebelum melakukan pembayaran. Apalagi jika nominalnya mencapai jutaan rupiah. Sayang dong udah bayar mahal-mahal uang malah raib? Kelengkapan alamat perusahaan pada umumnya akan memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak. Kepada penjual maupun pembeli. Penjual mendapat kepercayaan, konsumen lebih tenang sehingga kemungkinan untuk berlangsungnya transaksipun lebih besar terjadi.

5. Mencantumkan kontak yang dapat dihubungi
Sama halnya dengan mencantumkan alamat. Mencantumkan kontak yang dapat dihubungi pada website atau media sosial perusahaan akan memberikan ketenangan tersendiri pada konsumen. Selain mempermudah untuk bertanya akan hal-hal yang masih membingungkan, kontak yang tersedia juga akan memudahkan anggota keluarga lain yang tidak ikut berlibur dalam mencari tahu informasi jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

6. Perhatikan testimony pelanggan
Testimoni merupakan kesaksian atau pernyataan konsumen atas kepuasan terhadap produk atau jasa yang baru saja atau pernah digunakan.

Ini penting agar kamu mengetahui ada seberapa banyak konsumen yang puas dengan pelayanan travel tersebut. Semakin banyak tertimoni akan semakin baik dan semakin meyakinkan.

Tapi jangan mudah terlena pula, tetap cari tau komentar seseorang dalam tiap postingan perusahaan tersebut. Barangkali kamu akan menemukan seseorang yang kecewa atas sebuah pelayanan di sana.

Oh iya, perlu dicatat bahwa tidak ada satu orang atau satu kelompok pun di bumi ini yang sempurna. Pelayanan yang baik di satu konsumen belum tentu pelayanan yang sama di konsumen yang lainnya. Sebuah perusahaan tidak dapat menyenangkan hati semua konsumennya. Namun akan lebih baik kekecewaan yang mungkin terjadi dapat diminimalisir.

Oleh sebab itu, jika ada satu dua komentar pedas akan perusahaan tersebut, sebaiknya cari tahu lagi kenapa konsumen tersebut malah complaint sendiri? Bisa jadi kesalahan terjadi di pihaknya dan konsumen tak mau mengakuinya.

7. Cari tahu lewat hastag
Kekuatan media sosial dan internet itu abadi. Sekali seseorang merekam sesuatu dan memasukkannya ke media sosial, informasi tersebut akan abadi.

Untuk mengetahui jejak baik dan buruknya sebuah perusahaan yang mungkin sulit untuk ditemukan, kamu juga bisa memanfaatkan hastag atau tagar (#) tentang perusahaan tersebut.

8. Perhatikan bagaimana travel merespon calon konsumennya
Kamu juga bisa menilai travel yang akan kamu percayakan saat liburan lewat caranya merespon pertanyaanmu.

Apakah terkesan memaksa? Apakah menghargai? Apakah memberikan pilihan? Atau hal hal lain yang mungkin akan memiliki pengaruh yang cukup besar terkait kenyamananmu selama liburan.

Atau jika mungkin tawaran yang diberikan kurang sesuai dengan mu dan pihak travel tetap memaksakan, sebaiknya pertimbangkan kembali travel tersebut dan jika kamu tidak dalam kondisi malas, kamu bisa mencari travel lain yang sanggup memberikan kenyamanan dalam berbagai kondisi termasuk saat merespon calon konsumennya.

9. Kepedulian travel terhadap konsumennya
Banyak orang yang belum pernah melakukan perjalanan ke suatu wilayah, mungkin ini jugalah alasan mengapa kamu mencari jasa tour and travel dengan harapan liburanmu akan menjadi sesuatu yang memorable.

Bagi mereka yang pertama kali melakukan perjalanan, ada banyak hal yang harus diketahui:

• Mata uang yang akan digunakan
• Perbedaan jam negara yang akan dituju dan Indonesia
• Musim yang sedang berlangsung di negara tujuan
• Halal atau tidaknya makanan
• Transportasi
• Roommate
• Rekomendasi lokasi wisata dan kuliner
 Travel wifi untuk memastikan kamu tetap terkoneksi dengan keluarga yang ditinggal dan terus eksis dengan berbagai kegiatan liburanmu.

Macam-macam yang harus diketahui.

Memang, ini tidak bisa dijabarkan satu per satu kepada masing-masing calon pelanggan. Kamu bisa inisiatif sendiri mencari berbagai informasi tersebut untuk bekal dirimu sendiri. Namun, akan lebih baik jika pihak travel memberikan sedikit bekal hal hal yang harus disiapkan di atas. Agar kamu ngga kikuk kikuk amat saat di negara tujuan

 

10. Transparansi transaksi di awal
Ini yang paling penting. Kamu tau kemana juntrungannya biaya yang akan kamu keluarkan. Apa saja yang akan dibayarkan oleh biaya yang kamu keluarkan. Lokasi mana saja yang akan dikunjungi. Apakah biaya tersebut sudah termasuk makan selama di sana? Biaya apa lagi yang sekiranya akan kamu keluarkan di negara tujuan? Perlukah kamu memberikan tip lagi bagi tour guideinya? Hal hal ini sebaiknya kamu ketahui dengan jelas di awal sebelum transaksi berhasil dilakukan.

Featured Posts
Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ingat Traveling, Ingat Iziroam

Ketika bepergian ke luar negeri, saya selalu membawa Iziroam agar dapat tetap berkomunikasi dan upda..

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Intip 3 Pulau Pribadi Termewah di Dunia

Adaaa saja cara orang kaya menghabiskan penghasilannya. Mulai dari membeli kendaraan mewah, barang-b..

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Tips Solo Travelling Aman Bagi Perempuan

Namun, meski lokasi wisata yang kamu pilih terkenal aman, ngga ada salahnya tetap melakukan sejumlah..

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Rekomendasi Aktivitas Seru Satu Hari Di Taman Nasional Baluran

Ikuti cerita perjalanan salah satu tim IziRoam ke TN Baluran, salah satu destinasi wisata kebanggaan..

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Tips Hemat Biaya Saat Liburan 

Bila harus membeli cenderamata untuk seluruh kenalan, wah boncos juga keuangan Pahami tips-tips agar..

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Liburan di Labuan Bajo Dari Kapal Phinisi Hingga Serunya Festival Komodo

Kemeparekraf, dalam salah satu Konten nya sebut "Let the sea, set you free" untuk deskripsikan betap..

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

5 Nama Nyeleneh Kuliner Indonesia

Dari 5.300 banyaknya makanan asli Indonesia, ada lho beberapa kuliner kita yang namanya nyeleneh abi..

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur Diperpanjang, Berikut Panduan Arus Balik Mudik Lebaran

Libur sekolah diperpanjang, ASN dan pegawai swasta DIANJURKANW WFH, kamu yang belum kembali dari mud..

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

4 Desa Wisata Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Berdasarkan data yang disampaikan Kemeparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di ..

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Destinasi Wisata Di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi 

Teraktual, Indonesia dinobatkan menjadi negara terindah di dunia versi money.co.uk. Berikut adalah t..

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Barang yang Wajib Dibawa Saat Pulang Mudik

Pemerintah telah mengumumkan perkiraan puncak arus balik dimulai tanggal 6 hingga tanggal 8 mendatan..

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Tips Mudik Asyik Bersama Keluarga

Sebagian anak mungkin akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur. Namun bila sedang aktif-aktifnya,..

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Tak Melulu Jadi Guru, Profesi ini Juga Bisa Jadi Kartini Masa Kini

Yang terpenting adalah, perempuan Indonesia bisa membuktikan bahwa pendidikan yang diterima berkat e..

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara

Bulan Ramadan tak hanya tentang ibadah puasa dan khusyuk Ramadan semata, tapi identik pula dengan pr..

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Tantangan Puasa Di Berbagai Negara

Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas Muslim, menemukan masjid di Indonesia bukanlah perkara su..

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Pilihan Ngabuburit Seru Bareng IziRoam

Banyak orang menghabiskan waktu dengan beragam kegiatan. Begitu serunya, acara ngabuburit sering bik..

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Intip Tips Travelling Sampai Puas dengan Budget Terbatas Ala IziRoam

Travelling sampai puas dengan budget terbatas memang impian banyak orang. Salah satu caranya adalah ..

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

3 Tradisi Masyarakat Indonesia Menyambut Ramadan

Memang, sejumlah tradisi hanya bisa kita lihat dan nikmati di hari-hari atau tanggal tertentu saja, ..

Tips Travelling Saat Puasa

Tips Travelling Saat Puasa

Meski terkesan mudah, sebetulnya travelling saat puasa butuh kiat-kiat khusus agar stamina tetap ter..

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

5 Negara yang Kini Bisa Dikunjungi Tanpa Karantina

Siap-siap traveling keluar negeri lagi? Berikut 5 negara yang bisa dikunjungi tanpa karantina.....